Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA VIDEO REALITY SHOW “KICK ANDY” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS KELAS X SMA NEGERI 1 PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
    Penulis : YEYEN NURAFIYAH
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Banyaknya tayangan ditelevisi yang kurang mendidik, media pembelajaran yang monoton, dan minat menulis yang rendah. Peneliti mencoba untuk menggunakan reality show “Kick Andy” sebagai media pembelajaran dalam kemampuan menulis. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media video reality show “Kick Andy” terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh televisi reality show “Kick Andy terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris. Media pembelajaran dapat merangsang perhatian, emosi, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan belajar. Jenis penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian true experimental design dengan metode pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dan observasi. Pengujian validitas menggunakan uji validitas kontruks dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliebel maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas dengan resiko kesalahan 5%. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat kedua sampel berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji-t menggunakan sampel berkorelasi maka diperoleh hasil uji-t postets kelas kontrol dan eksperimen adalah t hitung = 2,781 > nilai t tabel = 2,052. Menurut kriteria pengujian uji t jika t hitung > t tabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir antara peserta didik kelas kontrol dengan peserta didik kelas eksperimen. Kata Kunci : Media televisi, reality show “Kick Andy”, karangan narasi Ekspositoris.

    Abstraction

    The abundance of TV footage of the less educated, a monotonous learning media, and an interest write down. Researchers tried to use reality show “Kick Andy" as the media of instruction in writing skills. The research problem formulation that is how the media influence of the video reality show "Andy Kick" of expository narrative essay writing skills. Objective to know the influence of the television reality show "Kick Andy" against expository narrative essay writing skills. Learning Media can stimulate attentions, emotions, thoughts, and feelings of students in learning activities so as to achieve learning objectives. This type of research is quantitative research design, using a true experimental design with pretest posttest control group design. Data collection techniques using the method of observation, and test. Testing validity, using test construction and validity of testing reliability using Cronbach alpha. After the data is said to be valid and reliability then do test prerequisites i.e. its homogeneity and normality test with error risk of 5%. Data processing using the t-test with the terms of the second sample comes in and homogeneous Gaussian. Test results-t using a sample obtained correlated test results-t postets class control and experimentation is t calculate = 2.781 > value t table= 2.052. According to the criteria of the t test, if t calculate > t table, then Ho is rejected, so that there is a difference between late learners ability class controls with learners classroom experiments. Keywords: Television Media, reality show "Andy Kick", expository narrative essay.

Detail Jurnal