Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 1 SOCAH TAHUN AJARAN 2017/2018Penulis : Habibah Sayidah RohmahDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi mind mapping dengan media video peristiwa alam terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Socah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan siswa dalam mengungkapkan ide dan gagasan untuk pengembangan dalam tulisan berupa teks eksplanasi. Peneliti menggunakan strategi mind mapping dikombinasikan dengan media video peristiwa alam untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh strategi mind mapping dengan media video peristiwa alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh strategi mind mapping dengan media video peristiwa alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan model non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan uji validitas content validity dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliabel maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan risiko kesalahan 5%. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat kedua sampel berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji-t pretest kelas kontrol dan eksperimen adalah -2,020 ? 1,270 ? 2,020. Menurut kriteria pengujian uji-t jika –ttabel ? thitung ? ttabel, maka Ho diterima, sehingga tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan, hasil uji-t posttest kelas kontrol dan eskperimen adalah 2,033 ? 2,020. Menurut kriteria pengujian uji-t jika thitung ? ttabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Media Video, Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi
AbstractionThis aims of this study to know the effect of mind mappimg strategy with natural events video media on the writing ability eksplanation text of eight grade students at SMPN 1 Socah. This research is motivated by the limitations of students in expressing ideas and ideas for development writing explanation text. The researcher used mind mapping strategies combined with natural event video media to improve students' writing skills. Therefore, the formulation of this research problem is how the effect of mind mapping strategy with natural events video media on the writing ability explanation text. The purpose is to know the effect of mind mapping strategy with the natural events video media on the writing ability explanation text. The type of quantitative research uses quasi experimental design with non-equivalent control group design model. The sample in this research was class VIII C as experiment class and class VIII D as control class. The data collection techniques use tests, observations, and documentation. Validity test using content validity validity test and reliability testing using alpha cronbach. After the data is call valid and reliable then tested of normality and homogeneity test with 5% error risk. Data processing uses t-test provided that both samples are normally distributed and homogeneous. The t-test result of pretest from control and experiment class was -2.020 ? 1.270 ? 2.020. According to the criterion of the t-test if t-table ? tcount ? ttable, then H0 was accepted. Therefore, there was no difference in initial ability between the students of control class and the experimental class. Meanwhile, the t-test result of posttest in control and experiment class was 2.033 ? 2.020. According to the t-test criteria if tcount ? ttable, then H0 was rejected. Therefore, there was difference between final ability of students in control class and experiment class. Keywords: Mind Mapping Strategy, Video Media, Writing Ability Explanation Text.