Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LABANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
    Penulis : SITI MUNFATICHA
    Dosen Pembimbing I : IRA FATMAWATI, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :AHMAD JAMI'UL AMIL, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala siswa dalam menulis teks eksplanasi. Oleh sebab itu guru harus dapat merancang proses pembelajaran yang menarik dengan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yakni model concept sentence. Pada model concept sentence ini terdapat kata kunci yang diberikan guru pada saat proses pembelajaran, sehingga dengan mengikuti langkah-langkah model concept sentence siswa akan lebih mudah untuk menulis dan mengembangkan teks eksplanasi. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan masalah yakni, “bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Labang tahun pelajaran 2017/2018” dan “bagaimana pengaruh penggunaan model concept sentence terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Labang tahun pelajaran 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dan pengaruh penggunaan model concept sentence terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Labang tahun prlajaran 2017/2018. Penelitian ini merupkan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 256 siswa dan mengambil sampel sebanyak 54 siswa dengan menggunakan porposive sampling. Intrumen utama dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan menulis teks eskplanasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t memperoleh nilai thitung sebesar 0,078 lebih besar dari ttabel = 2,060 pada taraf signifikan a = 0,05, artinya terdapat pengaruh model concept sentencei terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa VIII SMPN 1 Labang tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model concept sentence, Menulis Teks Eksplanasi

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: This research is motivated by students' obstacles in writing explanatory text. Therefore, teachers should be able to design an interesting learning process with appropriate learning model. One of the learning models that can be used is concept sentence model. In this model, there is a keyword given by the teacher during the learning process, so by following the steps of the model of concept sentence, student will be easier to write and develop the explanatory text. Based on the background, the researcher formulates the problem those are, "how the result of the students learning process by using the model of concept sentence in explanatory text writing in grade VIII students Junior high school (SMPN) 1 Labang academic year 2017/2018" and “how the influence in the use of concept sentence model to the students writing explanatory text skill in grade VIII students Junior high school (SMPN) 1 Labang academic year 2017/2018". The purpose of this study is to describe the result of learning process by using concept sentence model in explanatory writing and its influence in the use of concept sentence model on the student’s writing skill of explanatory text in the grade VIII students Junior high school (SMPN) 1 Labang academic year 2017-2018. This research belongs to quantitative research experiment with quasi experiment approach. The population of this study is all of 256 students of class VIII and taking samples of as much as 54 students by using purposive sampling way. The main Instrument of this study is the sheet of students' explanatory writing skill capability test. The results showed that the t-test obtained tcount value around 0.078 is greater than ttable = 2.060 at significant level a = 0.05, meaning that there is an influence in the use of concept sentence model to the student’s explanatory writing skill in Junior high school (SMPN) 1 Labang academic year 2017/2018. Keywords: Concept Sentence Model, Explanatory Writing

Detail Jurnal