Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI POKOK FABEL/LEGENDA SISWA KELAS VII MTS. NEGERI BANGKALAN
    Penulis : IKA AL ROIDA
    Dosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran akan berdampak pada kurang efektifnya pembelajaran yang terlihat dari kurangnya perhatian, antusiasme, dan pemahaman materi. Siswa kelas VII MTsN Bangkalan masih banyak yang kurang memperhatikan bahkan melakukan aktivitas lain ketika proses pembelajaran, maka diterapkanlah model pembelajaran picture and picture agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) bagaimanakah efektivitas model pembelajaran picture and picture?; (2) bagaimanakah aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam keterlaksanaan pembelajaran dengan model picture and picture? Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dan menggunakan control group pre-test post-test. Analisis hipotesis yang digunakan yaitu rumus uji t dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan suatu perbedaan, baik dalam hasil belajar maupun aktivitas keterlaksaan pembelajaran. Keefektifan lebih ditunjukkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut terlihat dari ketuntasan hasil belajar antara kedua kelas. Sebanyak 83% siswa kelas eksperimen berhasil tuntas mencapai KKM. Hasil uji t posttest juga menunjukkan t-hitung > t-tabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Melalui perhitungan uji t didapatkan t-hitung = 2,148 > t-tabel = 2,048 maka diputuskan Ho ditolak atau terdapat perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji gain juga menunjukkan adanya peningkatan antara pre-test dan post-test pada kelas eksperimen. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam keterlaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Persentase aktivitas guru dalam kelas eksperimen mencapai 89% diakhir pertemuan dengan kategori ‘sangat tinggi’. Hal yang sama juga terjadi pada aktivitas siswa dalam keterlaksanaan pembelajaran untuk kelas eksperimen yang mencapai 89% diakhir pertemuan dengan kategori ‘sangat tinggi’. Melalui hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture efektif diterapkan dalam materi pokok fabel/legenda pada siswa kelas VII di MTs. Negeri Bangkalan. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Picture and Picture, Fabel/Legenda

    Abstraction

    The inappropriateness of the use of the learning model will have an impact on the ineffectiveness of the lessons seen from the lack of attention, enthusiasm, and material understanding. Student grade VII MTsN Bangkalan still much less attention and even do other activities when the learning process, then applied the model of learning picture and picture for learning to be more effective. The formulation of the problem in this research are: (1) how is the effectiveness of learning model picture and picture ?; (2) how student activity and teacher activity in learning execution with picture and picture model? This research is a quantitative research type with true experimental design research design and use pre-test group post-test control. Hypothesis analysis used is t test formula and normalized gain test. The results of the experimental and control classes showed a difference, both in learning outcomes and instructional activities. More effectiveness is shown in the experimental class. This is evident from the completeness of learning outcomes between the two classes. As many as 83% of experiment class students successfully complete KKM. The result of post-test t test also shows t-count > t-table with significance level of 0,05. Through the calculation of t test obtained t-count = 2.148 > ttable = 2.048 then decided rejected or there is a difference in value between the experimental class and control. The gain test results also show an increase between pretest and post-test in the experimental class. The result of observation of teacher activity and student in learning implementation also increase. Teacher activity percentage in the experiment class reached 89% at the end of the meeting with the category 'very high'. The same is true of students' activities in learning execution for the experimental class that reached 89% at the end of the meeting with the category 'very high'. Through these results it can be concluded that the model of effective picture and picture learning is applied in the subject matter of fables/legends in the seventh grade students in MTs. Negeri Bangkalan. Keywords : Effectiveness, Learning Model Picture and Picture, Fable/Legend.

Detail Jurnal