Detail Karya Ilmiah
-
PELAGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM ACARA INI TALK SHOW DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMKPenulis : Titik MahbubahDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Dalam percakapan perlu adanya bahasa yang berperan sebagai alat komunikasi yang harus dipahami oleh setiap penutur dan mitra tutur. Percakapan tersebut memiliki beberapa prinsip yang harus dipenuhi oleh para penutur dan mitra tutur agar terjadi kerja sama yang baik diantara keduanya, prinsip tersebut disebut prinsip kerja sama Grice (1975) yang dituangkan dalam empat maksim, yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Prinsip kerja sama ini juga diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK. Penelitian ini bertjuan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dalam acara Ini Talk Show dan mendeskripsikan implikasi pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kerja sama Grice, yang menyatakan bahwa “buatlah percakapan anda sendiri seperti yang diminta, pada taraf dimana percakapan itu terjadi, dengan maksud atau arah pergantian bicara yang dapat diterima dimana Anda terlibat di dalamnya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dan jenis penelitian kualitatif serta metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah acara Ini Talk Show di Net TV Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Data yang telah didapat kemudian diklasifikasikan berdasarkan pelanggaran prinsip kerja sama. Hasil pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan, sedangkan implikasi pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK juga mencakup keempat maksim tersebut, hal ini dapat dikatakan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama masih sering terjadi dan diabaikan kesalahannya dalam setiap acara. Kata kunci : Prinsip Kerja Sama, Pelanggaran, Ini Talk Show
AbstractionIn conversation there needs to be a language which acts as a communication tool that must be understood by every speaker and partner. The conversation has several principles that must be fulfilled by speakers and partners so that good cooperation can occur between the two, the principle is called the cooperative principle of Grice (1975) which is expressed in four maxims, namely maxim of quantity, maxim of quality, maxim of relevance, and implementation maxim. The principle of cooperation is also implied in Inodnesia language learning in class X in Vocational High Schools. This study aims to describe the violation of the principle of cooperation in Ini Talk Show program and describe the implications of violating the principle of cooperation in Indonesia language learning in class X in Vocational High Schools. The teory used in this study is Grice’s collaboration theory which states that “make your own conversation as requested, at the level where the conversation takes place, with the intent or acceptable direction of speech change in which you are involved. This research uses a pragmatic approach and the types of qualitative research as well as a descriptive method. The source of the data in this study was the TV show "Ini Talk Show" on Net-TV. The method of data collection is done in a way Uninvolved Conversation Observation and Noted Technique. Data that have been obtained are then classified based on breach of the principle of cooperation. The results of the infringements maxim quantity, maxim quality, maxim relevance and maxim implementation, While the implications of the violation of the cooperation principle in learning Indonesian Language in SMK also includes four such maxim, it can be said that the breach of the principle of cooperation is still often the case and overlooked his faults in any event. Keywords: Principles of Cooperation, Violation, “Ini Talk Show”