Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI SISWA KELAS VIII SMP MIFTAHURROHMAN PUNDUTTRATE GRESIK
    Penulis : LULUK ISTIQOMAH
    Dosen Pembimbing I : WAHID KHOIRUL IKHWAN, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :AHMAD JAMI'UL AMIL, M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Penerapan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pendidik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan menulis kreatif puisi siswa kelas VIII SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik”. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimental design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode mind mapping dan ketampilan menulis kratif puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, tes keterampilan menulis, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penghitungan uji signifikasi (uji-t) diperoleh taraf (?) = 0.05 maka diperoleh nilai thitung > ttabel (6.22 > 2.056), Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik. Kata Kunci: metode mind mapping, keterampilan menulis kratif puisi.

    Abstraction

    Abstract: Poetry writing skills is one of the four language skills that must be mastered by junior high school students. The application of appropriate learning methods is something that must be considered by educators, so that learning can be achieved. The problem formulation in this research is “the influence of mind mapping method on the skill of writing creative poetry of class VIII student SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik”. This type of research is quasi ekperimental design. Variable in this research is mind mapping method and creative poetry writing skill. Population in this study is the students of class VIII SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik. The sample of this study were students of class VIII A dan B were not randomly selected. Data collection techniques were conducted with student activity observation, poetry writing skills test, and student response questionnaire. The results of research showed that the calculation test of significance test (t-test) obtained level (a) 0.05 then obtained value tcount > ttable (6.22 > 2.056), ho rejected and ha accepted. Meaning there is a significant influence in learning writing creative poetry with using mind mapping method on students of class VIII SMP Miftahurrohman Punduttrate Gresik. Keyword: mind mapping method, creative poetry writing skills.

Detail Jurnal