Detail Karya Ilmiah

  • TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MA DARUL ULUM KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI
    Penulis : RIZKA NUR MAWADDAH
    Dosen Pembimbing I : KHUSNUL KHOTIMAH, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :ABD ROSID, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Rizka Nur Mawaddah, 2019. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI MA Darul Ulum Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. Pembimbing: (2) Abd Rosid, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat. Melalui bahasa seseorang dapat mengekspresikan pikiran ataupun gagasannya kepada orang lain. Bahasa juga digunakan sebagai penyampaian pesan atau informasi kepada lawan tuturnya. Sebagai alat komunikasi, bahasa tidak hanya digunakan dalam lingkungan masyarakat saja, melainkan bahasa juga digunakan dalam interaksi pembelajaran di kelas. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah wujud tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di MA Darul Ulum Kecamatan Muncar (2) Bagaimanakah modus tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di MA Darul Ulum Kecamatan Muncar (3) Bagaimanakah strategi tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di MA Darul Ulum Kecamatan Muncar. Tindak tutur direktif merupakan salah satu kategori tindak tutur yang muncul dalam suatu peristiwa tutur dan dalam situasi tutur tertentu. Tindak tutur direktif adalah tindak tutur yang dilakukan penuturnya dengan tujuan agar mitra tutur melakukan apa yang diinginkan oleh penutur, misalnya menyuruh, memohon, menasihati, dan menentang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif memiliki beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Data pada wujud tindak tutur direktif didominasi oleh tindak tutur quisitive-bertanya, requisitive-meminta, dan direktif-memerintah (2) Data pada modus tindak tutur direktif menunjukkan bahwa modus yang paling dominan adalah modus interogatif dan modus desideratif (3) Data strategi tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI MA Darul Ulum Kecamatan Muncar meliputi, strategi tindak tutur langsung harfiah dan strategi tindak tutur tidak langsung harfiah. Kata Kunci: Tindak Tutur Direktif, Wujud, Modus, Strategi.

    Abstraction

    Rizka Nur Mawaddah, 2019. Acts of Teacher's Directive in Learning Indonesian Class XI MA Darul Ulum, Muncar District, Banyuwangi Regency. Essay. Indonesian Language and Literature Study Program, Faculty of Education, Trunojoyo University Madura. Advisors: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. Advisor: (2) Abd Rosid, S.Pd., M.Pd.. ABSTRACT Abstract: Language is a tool used to communicate by society. Through language someone can express his thoughts or ideas to others. Language is also used as the delivery of messages or information to opponents he said. As a communication tool, language is not only used in the community environment, but language is also used in classroom learning interactions. The problems in this study are (1) How is the form of teacher directive speech acts in learning Indonesian language class XI at MA Darul Ulum Subdistrict Muncar (2) What is the mode of speech act of teacher directives in learning Indonesian class XI at MA Darul Ulum Subdistrict Muncar (3) What is the teacher directive speech action strategy in learning Indonesian class XI at MA Darul Ulum, Muncar Subdistrict. Directive speech acts as one of the categories of speech acts that appear in a speech event and in certain speech situations. Directive speech acts are speech acts performed by the speaker in order for the partner to do what the speaker wants, for example telling, pleading, advising, and opposing. Data collection techniques used in this study were observation, documentation, refer, record, and record techniques. Data analysis techniques using qualitative analysis techniques have several stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The technique of checking the validity of data is by data triangulation. The results of the study show (1) Data in the form of directive speech acts are dominated by quisitive-asking, requisitive-asking, and directive-speech acts (2) Data on directive speech act mode shows that the most dominant mode is interrogative mode and desiderative mode ( 3) The directive speech action strategy data used by the teacher in Indonesian Language learning activities in class XI MA Darul Ulum Subdistrict Muncar includes, direct literal speech action strategies and indirect literal speech act strategies. Keywords: Speech Directive, Form, Mode, Strategy.

Detail Jurnal