Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi PembelajaranContextual Teaching And Learning (Ctl) Menggunakan Permainan Tradisional Engklek, Sondah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Iman
    Penulis : Nurus Syamia
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S. Pd, M. Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true experimental. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran CTL menggunakan permainan tradisional engklek terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Nurul Iman. Bentuk desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control design.Teknik pengambilan sampel yaitu simple rondom sampling dengan cara undian.Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan observasi aktivitas siswa, angket respons siswa, dokumentasi, dan tes menulis teks persuasi. Teknik pengambilan sampel yaitu simple rondom sampling dengan cara undian. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) katerampilan menulis siswa kelas eksperimen yaitu rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 56,63 sedangkapan rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 83,79. (2) berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t independent menunjukkan thitung 3,111 dan ttabel2,014, kaidah pengujian thitung lebih besar dari ttabeldengan taraf signifikan ? = 0,05, dengan demikian diperoleh thitung 3,111 lebih besar dari ttabel2,014 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran CTL menggunakan permainan tradisonal engklek terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran CTL, Permainan Tradisional Engklek, Keterampilan menulis, Teks persuasi.

    Abstraction

    Abstract: This research is descriptive quantitative research with true experimental. The purpose of this research of this research is to know the influence of CTL learning strategy using traditional game engklek in writing persuative text skill for eighth (VIII) grade students of MTS Nurul Iman. Research design of this reseach is pretest. Posttest control design. With talking method sample, it is simple random sampling using lottery. Data collection method is obtained by observing students activity, students questionnaire, documentation and writing persuative text. Obtaining data will be analyzed by quantitative. Based on this reseach shows that: 1) experimental class students writing skillrise bya looking pretest average of experimental class it is 56,63 where as postest average of experimental class is 83,79. 2) based on the result of hypotheses test using t test independent show t-hitung 3,111 and t-tabel 2,014, the rule of t-hitung testing is bigger than t-tabel with standart significance ? =0,05. It means obtaining t-hitung 3,111 is bigger than t-tabel 2,014 until H0 is rejected and Ha is accepted.it means that there is a significance influence of CTL Lerarning strategy using traditional game engklek in writing persuassive text for students . Key Word: CTL Learning Strategy, Traditional Game “Engklek”, Writing Skill, Persuative Text.

Detail Jurnal