Detail Karya Ilmiah

  • . Pengaruh Penerapan Metode Pengaliran Imaji (Image Streaming) Berbantukan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi siswa kelas VII SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya
    Penulis : Siti Nailatul Khoiriyah
    Dosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh Penerapan metode pengaliran imaji (image streaming) berbantukan media wayang terhadap keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain True eksperimental dengan bentuk desain pretest postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Dengan pengambilan secara acak menggunakan teknik lempar koin, yang kemudian didapat kelas VII-B dengan 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-A dengan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh melalui tes unjuk kerja yang dilakukan oleh siswa, sedangkan observer penelitian adalah guru bahasa Indonesia. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik dengan rumus uji-t. Hasil uji-t Independent diperoleh nilai Thitung 4,1724 > Ttabel 2.01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pengaliran imaji (image streaming) berbantukan media wayang terhadap keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Rata-rata persentase keseluruhan aktivitas siswa pada kelas eksperimen pretest dan postest sebesar 69% dan 82% secara keseluruhan, siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat aktif, dan pada kelas kontrol pretest dan postest persentase aktivitas siswa diperoleh 66% dan 76% dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa sangat aktif dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan metode pengaliran imaji (image streaming) berbantukan media wayang. Kata Kunci: Keterampilan menulis cerita fantasi, metode pengaliran imaji (image streaming), media wayang

    Abstraction

    This study has an objective to find the effect of the implementation of image streaming method with wayng mediaon the writing skill of seventh grade students of SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. This study used true experimental design with pretest postest control grup design. The populatiom of this study is all seventh grade students of SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Sampling of this study used simple random sampling, with random picking by using a coin-throw technique, which then obtained class VII-B with 23 students as ekperimental class, and class VII-A with 24 students as control class. Data collection is obtained through performance test conducted by student, while the observer in this study is an Indonesian language teacher. Then, the collacted data are analyzed by using statistic with t-test formula. The results of the independent t-test obtain the value Tcount that is 4,1724 > Ttabel that is 2.01. based on the results of the study, it can be councluded that there is a significant effect of the implementation of image streaming method with wayang media on the writing skill of seventh grade students of SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. The averege of overall percentage of students’ aactivity in pretest and postest experimental class is 69% and 82%, the students of experimental clas are categorized as very active, whereas in pretest and postest control class, the percentage of students activity obtains 66% and 76% with activity category. Therefore, it can be concluded that the students activity is very active in speaking class by using image streaming method with wayang media. Keywords: Writing fantasy story, image streaming method, wayang media

Detail Jurnal