Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM PUNGGING MOJOKERTOPenulis : SITI ASTUTIKDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Keterampilan menulis teks narasi merupakan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Penerapan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pendidik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “kemampuan menulis teks narasi dan pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap kemampuan menulis teks narasi Siswa Kelas VII MTS Nurul Islam Pungging Mojokerto”.Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimental design. Variabel dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Augmented Reality (AR) dan kemampuan menulis teks narasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Nurul Islam Pungging Mojokerto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, tes keterampilan menulis, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penghitungan uji signifikasi (uji-t) diperoleh taraf (?) = 0.05 maka diperoleh nilai thitung > ttabel (6.22 > 2.056), Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada siswa kelas VII MTS Nurul Islam Pungging Mojokerto.
AbstractionNarrative text writing skills are one of the four language skills that must be mastered by junior high school students. The application of appropriate learning media is something that must be considered by educators, so that learning objectives can be achieve. The research desaign in this study is quantitative method. The research problem in this study are “Narrative text writing skill and The Effect of Augmented Reality (AR) Learning Media on the Writing Ability of Seven grade Narrative Texts at MTs Nurul Islam Pungging Mojokerto This type of research is quasi experimental design. The variables in this study are learning media Augmented Reality (AR) and narrative text writing skills. The population in this study was Seven grade students of MTS Nurul Islam Pungging Mojokerto. The sample of this study were students of VII A and VII B not randomly selected. The data collection techniques were carried out by observing student activities, writing skills tests, and student response questionnaires. The results showed that the calculation of the significance test (t-test) obtained the level (?) = 0.05, then obtained the value tcount> ttable (6.22> 2.056), Ho was rejected and Ha was accepted. This means that there is a significant influence in learning narrative text writing by using Augmented Reality (AR) learning media on class VII students of MTS Nurul Islam Pungging Mojokerto.