Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUKAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X SISWA SMA NEGERI 1 BLEGAPenulis : DIYAH PUJI RAHAYUDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M.PdDosen Pembimbing II :Ahmad Jamiul Amil, M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media video klip terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Blega tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 252 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Purposive, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis dan observasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji hipotesis (uji-t signifikansi), dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media video klip terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (uji t signifikansi) didapat thitung = 13,377 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2,030 dengan taraf signifikan sebesar ? = 5%. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media video klip terhadap keterampilan menulis puisi siswa SMA Negeri 1 Blega. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media video klip diperoleh persentase 81,31% dalam kategori sangat baik dan angket respons siswa diperoleh 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media video klip memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Leraning, Media Video Klip, Keterampilan Menulis Puisi.
AbstractionThis study aimed to test the effect of learning strategy Contextual Teaching and Learning (CTL) helped by video clip media toward the skill of writing poem of students. The population of this study is the student of class X IPA, SMAN 1 Blega. y/e 2018/2019, 252 student’s. This research is quantitative research with the research method of Quasi Experimental Design shaped Nonequivalent Control Group Design. This research used Nonprobality Sampling with Purposive Sampilng technique which is selection of sample with certain consideration. The sample of the research is class X IPA 1 as experiment class, 36 students and class X IPA 2 as control class, 36 students. The technique of collecting data in this study used test and observation. The analysis steps were used are validation test, reliability, normality, homogenity, hypotesa test (test-t significance), and test of normalitation gain. The result of this research shows that there is effect of learning strategy of Contextual Teaching and Learning (CTL) helped by video clip media towards the students skill of writing poem. Based on the accumulation of hypotesa test (test–t significance) got thitung = 13,377 and ttabel (? / 2, n-2) 2.030 with significance rate ?=5%. Based on the formulation of test thitung > ttabel so, Ho rejected and Ha accepted or there is effect of learning using CTL strategy helped by video clip media towards the student’s skill of writing poem, SMAN 1 Blega. The student’s activity in process of learning of writing poem used CTL strategy helped by video clip media got percentage 81,31% in catagory “very good” and observation respond got 90% in category “very good”. So that it can be concluded that the learning strategy Contextual Teaching and Learning (CTL) helped by video clip media has positive effect towards the student’s skill of writing poem. Key words : Learning strategy of Contextual Teaching and Learning, video clip media, skill of writing poem