Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENGATURAN TEMPAT DUDUK FORMASI U PADA MATERI PANTUN DI KELAS IV SDN BANYUANYAR 2 KABUPATEN SAMPANG
    Penulis : Ainun Badrus Syamsi
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pengaturan tempat duduk formasi U pada materi pantun di kelas IV SDN Banyuanyar 2 Sampang. Penelitian ini bermaksud menguraikan atau menggambarkan suatu peristiwa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Banyuanyar 2 Sampang sebanyak 22 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana jumlah sampel mengambil secara keseluruhan dari jumlah populasi yang ada yakni sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan istrumen penelitian yaitu lembar observasi terlaksananya pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian observasi terlaksananya pembelajaran sebesar 87,5% degan kategori “sangat baik”, aktivitas siswa pada dua kali pertemuan mendapat skor klasikal sebesar 86,5% dengan kategori “sangat baik”, respon siswa mendapat skor sebesar 97% dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa secara klasikal pada ranah kognitif sebesar 86% dan dapat dikatakan tuntas secara klasikal karena ?80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa pengaturan tempat duduk formasi U efektiv dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi pantun di kelas IV SDN Banyuanyar 2 Sampang.

    Abstraction

    This study purposes to determine the effectiveness of Bahasa Indonesia lesson using U formation seat arrangement while holding pantun lesson in the 4th grade of Banyuanyar 2 Sampang Elementary School. This study aims to elaborate of describe an occurrence. Population of this study was the entire students of 4th grade of Banyuanyar 2 Sampang Elementary School that were 22 students. Sample determination was employing saturated sampling technique, where the amount af sample took the entire of the population in this case there were 22 students. The data collecting is using observation sheets of learning implementation, observation sheets of student activities, students’ response questionnaire, and student learning outcomes. The tests employing pre-test and post-test. The results of this study are 87.5% categorized as "very good", the students activities on the second meetings gets a classical score in the amount of 86.5% which is categorized as "very good" and the students response gets score 97% which is categorized as "very good". The outcome of student learning classically in the cognitive side, that is 86% and it can be assumed as complete classically because the amount was ?80%. Based on these results, thus it can be concluded that U formation seat arrangement is effective to be applied in learning Bahasa Indonesia with pantun as the material in the 4th grade of Banyuanyar 2 Sampang Elementary School.

Detail Jurnal