Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PERPINDAHAN PANAS PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN BANYUAJUH 4 KAMALPenulis : AYU WAHYUNING ARIFAHDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd.,M.SiDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan metode R & D (Research & Development). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuajuh 4 Kamal pada materi perpindahan panas. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah produk berupa alat peraga perpindahan panas. Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan media yang layak ditinjau dari segi kelayakan, kemenarikan, keefektifan dan keterterapan dan bertujuan untuk mengembangkan instrumen pembelajaran yang layak digunakan yang sesuai dengan alat peraga perpindahan panas. Validasi produk dilakukan oleh ahli media pembelajaran dengan persentase 91.76% (sangat layak), ahli materi pembelajaran sebesar 80% (layak) dan ahli desain pembelajaran sebesar 73.68% (layak). Adapun instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian dari validator dapat disimpulkan bahwa alat peraga sangat layak, sangat menarik, sangat efektif dan sangat terterap digunakan dalam pembelajaran IPA.
AbstractionThis research is the development of the development model Borg & Gall with the method of R & D (Research & Development). The research was conducted in SDN Banyuajuh 4 Kamal on the material perpindahlate summer. In this study, researchers developed a product in the form of heat transfer props. This study aim to develop a viable media in terms of feasibility, the attractiveness, effectiveness and absorption and aims to develop a viable learning instruments used in accordance with the heat transfer props. Product validation performed by a media with the percentage of 91.76% (very decent), expert learning materials by 80% (decent) and instructional design experts of 73.68% (feasible). The data collection instruments used were interviews, questionnaires, observation and documentation. Based on the evaluation of the validator can be concluded that the props are very decent, very interesting, very effective and very applied to used in science teaching.