Detail Karya Ilmiah
-
. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas VI Berbasis Multimedia Interaktif untuk Materi Menulis Surat Resmi di SDN Demangan 3 Bangkalan.Penulis : Sitti Mua’syarahDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tidak adanya bahan ajar yang menarik, penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kesulitan siswa dalam hal menulis melatarbelakangi suatu pengembangan bahan ajar. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan bahan ajar bahasa indonesia kelas VI berbasis multimedia interaktif untuk materi menulis surat resmi di SDN Demangan 3 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa indonesia berbasis multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif dalam pelaksanaannya di SDN Demangan 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono (2014:298). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil kevalidan bahan ajar berbasis multimedia interaktif yaitu ahli media 88%, ahli bahasa 75%, ahli materi 99%, dan ahli desain pembelajaran 85% dengan kategori sangat valid, (2) hasil kepraktisan pada uji coba pemakaian 90% dengan kategori sangat praktis, (3) hasil keefektifan pada uji coba pemakaian 84% dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis multimedia interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Menulis Surat Resmi.
AbstractionThe lack of interesting teaching materials, the use of conventional learning methods and the difficulty of studentsin term of writing background of a development of teaching materials. In this research, the researcher develop the instructional material of Indonesian Language at class VI of interactive multimedia for writing material of official letter in SDN Demangan 3 Bangkalan. This study aims to develop interactive Indonesian language teaching materials based on interactive multimedia which is valid, practical, and effective in its implementation in SDN Demangan 3 Bangkalan. This research uses Borg and Gall development model adapted by Sugiyono (2014: 298). The results of this study indicate that: (1) The results of the validity of teaching and learning materials based on interactive multimedia are 88% media experts, 75% linguists, 99% material experts, and 85% design learning experts with very valid categories; (2) practical results on usage test 90% with very practical category, (3) effevtiveness result on a 84% use test with highly effective. The conclusion of this study is interactive multimedia-based teaching materials very suitable for use in learning. Keywords: Interactive Multimedia Based Teaching Materials, Indonesian Language Learning, Writing Official Letters.