Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (Studi Kasus Relasi Guru dan Siswa, Relasi Siswa dan Siswa, dan Disiplin Sekolah Di SDN Socah 4)
    Penulis : ABDURRAHEM
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap perilaku kecurangan akademik. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Socah 4 Kecamatan Socah Bangkalan pada kelas tinggi yang berjumlah 72 siswa. 1) Lingkungan belajar dilihat dari aspek relasi guru dan siswa, relasi siswa dan siswa, serta disiplin sekolah tergolong cukup baik dengan persentase 56.40 persen. 2) Perilaku kecurangan akademik di SDN Socah 4 tergolong cukup tinggi dengan persentase 57.30 persen. 3) Hasil perhitungan uji signifikan diperoleh t hitung = 41.239 > t tabel = 1.994, maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 96%. Kata kunci: Lingkungan belajar, dan Perilaku kecurangan akademik.

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this study to know the effect of learning environment on fraud behavior of academic. The study uses descriptive quantitative descriptive approach. The study is conducted in SDN Socah 4 Kecamatan Socah Bangkalan in the higher class, which amounted to 72 students. 1) The environment is seen from the connectivity of teachers and students, the students' relativities, and the sectors are relatively good with 56.40 percent percentage. 2) the academic behavior in SDN Socah 4 is quite high with percentage of 57.30 percent. 3) The result of the calculation of the tangible verifier is calculated = 41.239> t table = 1.994, then Ho is rejected to the effect of the influence of the leverage to the study of the academic rate of 96%. Keywords: Learning Environment, and Academic Procedures

Detail Jurnal