Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI DEMANGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : Feni Hastutik
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Pengembangan produk ini dilatar belakangi oleh akibat perkembangan TIK di abad 21 dimana siswa malas belajar, serta dari hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Demangan 1 Bangkalan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar multimedia interaktiflingkungan tempat tinggalku untuk siswa kelas 4 SD Negeri Demangan 1 Bangkalan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Kevalidan produk ini diperoleh presentase sebesar 88,8% dikategorikan sangat valid. Hasil kevalidan produk ini dilihat dari empat validasi ahli, yaitu ahli desain media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran. Hasil kepraktisan produk ini diperoleh presentase sebesar 86,25% dikategorikan sangat praktis, hasil keefektifan produk ini diperoleh hasil presentase sebesar 88,8% dikategorikan sangat efektif, dan hasil kemenarikan produk ini diperoleh hasil presentase sebesar 88,9% dikategorikan sangat menarik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif lingkungan tempat tinggalku sangat valid, sangat praktis, sangat efektif, dan sangat menarik sehingga layak digunakan di SD.

    Abstraction

    This research development of this product is motivated by the development of ICT in the 21st century where students are lazy to learn, as well as the results of observations at Primary School Demangan 1 Bangkalan. Based on these problems, researcher developed interactive multimedia teaching materials for the environment my living place for 4th grade studentsPrimary School Demangan 1 Bangkalan. This research development use 4D development model. Validity of media design expert obtained a percentage of 88.8% categorizedvery valid. The validity results of this product were seen from four profesional validators, there are the media design, content, language, and lesson design, the applicability result obtained a percentage of 86.25% categorizedvery practical. The effectiveness resultget a percentage 88,8?tegorizedvery effective, and the attractiveness analysis obtained a percentage of 88.9% categorized very interesting. Based pon result that teaching material interactive multimedia environtment my living place are very valid, very practical, very effective, and very interesting, so suitable used in Primary School.

Detail Jurnal