Detail Karya Ilmiah

  • Disiplin Belajar Siswa di Sekolah: Studi Kualitatif pada Siswa di SDN Gunung Rancak 3 Robatal Kabupaten Sampang
    Penulis : Nasidah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda S., S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran disiplin belajar siswa di sekolah dasar serta mengetahui upaya guru dan orang tua dalam membentuk disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif . Informan yang digunakan terdiri dari 2 informan utama dan 6 informan tambahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sekolah yang diteliti adalah SDN Gunung Rancak 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Gambaran disiplin belajar siswa bisa dikatakan sudah baik, hal ini terlihat dari kebiasaan dan aktivitas siswa dalam setiap harinya baik kebiasaan di rumah maupun di sekolah.. Disiplin belajar siswa di sekolah dapat dilihat dari beberapa aspek yang dapat memberikan gambaran disiplin belajar siswa di sekolah dasar, seperti tepat waktu dalam belajar, rajin masuk sekolah, menyelesaikan tugas tepat waktu, mentaati tata tertib sekolah, giat dalam belajar, kemandirian, kejujuran, dan tingkah laku yang menyenangkan di sekolah. (2) Upaya guru dalam membentuk disiplin belajar siswa di sekolah antara lain dilakukan melalui peraturan yang dibuat oleh guru secara tertulis dan upaya orang tua dalam membentuk disiplin belajar siswa di rumah antara lain dilakukan melalui kegiatan sehari-hari yaitu menyekolahkan ke sekolah umum dan madrasah serta mengaji ke masjid. Kata kunci: Disiplin Belajar, Peran guru dan orang tua

    Abstraction

    This research aims to determine the image of student learning discipline in elementary school then to determine teachers and parents’ effort in establishing student learning discipline. This research used qualitative descriptive method. The informants used consisted of 2 main informants and 6 supplementary informants. Purposive sampling is used for sampling technique. The object of this study is SDN Gunung Rancak 03. The result of this study are (1) student discipline images can be said to be good, it can be seen from their daily habits and the activities both at home or at school. Student discipline learning in the school can bee seen from some aspects that give student discipline learning image in elementary school, such as be on time in studying, attentive go to school, do the home work on time, obey the rule, study hard, be autonomous, be honest, have a good attitude. (2) The teacher efforts in establishing the discipline of student learning at school area is that obey the rule which is arranged by the teacher in written and the efforts of parents in establishing the discipline of student learning at home, among others, are carried out through daily activities i.e., enter them to elementary school, afternoon school (Madrasah) and recite the quran at the mosque. Keywords: Discipline Learning, The role of teachers and parents.

Detail Jurnal