Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kecepatan Membaca dalam Teknik Skimming terhadap Kemampuan Menemukan Topik dan Kalimat Pokok pada Tema Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh
    Penulis : Rika Nikmatul Ulfa,
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecepatan membaca dalam teknik skimming terhadap kemampuan menemukan topik dan kalimat pokok pada tema kayanya Negeriku siswa kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh dan seberapa besar pengaruh kecepatan membaca dalam teknik skimming terhadap kemampuan menemukan topik dan kalimat pokok pada tema kayanya Negeriku siswa kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen berbentuk non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh dengan menggunakan 44 sampel yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 22 kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa berupa tes non-objektif (uraian) dan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterlaksanaan guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu signifikansi dengan uji t pada postest kelas eksperimen menunjukkan bahwa uji hipotesis pengaruh X terhadap Y1 diperoleh t ditolak, sehingga H a xvi hitung = 2,626 > t tabel = 2,086 maka H diterima. sedangkan uji hipotesis pengaruh X terhadap Y2 diperoleh t hitung = 2,377 > t tabel = 2,086 maka H o ditolak, sehingga H diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecepatan membaca dalam teknik skimming terhadap kemempuan menemukan topik dan kalimat pokok pada tema kayanya negeriku siswa kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, menunjukkan bahwa pengaruh X terhadap Y1 sebesar 26%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, sedangkan pengaruh X terhadap Y2 sebesar 22%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat 26% pengaruh kecepatan membaca dalam teknik skimming terhadap kemampuan menemukan topik dan 22% pengaruh kecepatan membaca dalam teknik skimming terhadap kemampuan menemukan kalimat pokok pada tema kayanya negeriku siswa kelas IV SDN Tunjung 1 Burneh. Kata Kunci: Kecepatan Membaca dalam Teknik Skimming, Kemampuan Menemukan Topik dan Kalimat Pokok

    Abstraction

    The main aim of this research is to investigate the influence of skimming through the ability to find topic and main idea in theme on Kayanya Negeriku used by elementary students (pupils) in fourth grade, Primary School of Tunjung 1 Burneh and to recognize a significant influence of skimming through the ability to find topic and main idea in theme Kayanya Negeriku elementary students (pupils) in fourth grade, Primary School of Tunjung 1 Burneh. This research used quantitative approach by using the experimental method with the use of quasi experimental design is that non equivalent control group design. This research was conducted in fourth grade classroom, Primary School of Tunjung 1 Burneh with 44 samples which are 22 students of experimental class and 22 students of control class. The instrument of this research was collected using non objective test (essay) and observation papers of students activity and feasibility observation papers of teachers in teaching. The research shows the result obtained from test hypothesis measurement namely the significance of t-test in postest. Experimental class indicates that test hypothesis X through Y1 is t xvii hitung = 2,626 > t = 2,086 showed that H o is rejected, hence H is accepted. Moreover, test hypothesis about the influence of X through Y2 is t a hitung = 2,377 > t tabel tabel = 2,086 showed that H is rejected, hence H is accepted. It is concluded that there is a significant positive correlation between skimming and the ability to find topic and main idea in theme on Kayanya Negeriku. Based on the measurement result of determination coefficient demonstrated that there was significant influence X through Y1 rate was 26% and the rest of the result affected by other variables, whereas the influence of X through Y2 rate was 22% in which the rest of the result affected by other variables. In conclusion, there was 26% rate of the influence of skimming through the ability to find topic and 22% rate of the influence of skimming through the ability to find main idea in theme Kayanya Negeriku used by elementary students (pupils) in fourth grade, Primary School of Tunjung 1 Burneh. Keywords : Skimming, the ability to find topic and main idea.

Detail Jurnal