Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Pelasanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V SDN Megale 1 BojonegoroPenulis : YAYAN DWI ATMAJADosen Pembimbing I : Mutjahidin, S. Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.Abstraksi
Atmaja, Yayan 2019. Hubungan Pelasanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V SDN Megale 1 Bojonegoro. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mutjahidin, S. Pd., M.Pd. Pembimbing II: Mahmud, S.IP., M.Si. xvi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tata tertib sekolah yang diterapkan di dalam kelas V SDN Megale I Kedungadem, untuk mengetahui bagaimana disiplin belajar siswa kelas V SDN Megale I Kedungadem, dan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan tata tertib dengan disiplin belajar siswa kelas V SDN Megale I Kedungadem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Penelitian ini menggunakan 24 siswa sebagai sampel yaitu 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji koefisien korelasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan tata tertib sekolah mendapatkan persentase 63,19% dengan kategori terlaksana. Untuk disiplin belajar siswa mendapatkan persentase 75,61% dengan kategori terlaksana. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien korelasi menyatakan ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan tata tertib sekolah dengan disiplin belajar siswa di rumah dengan nilai r = 0,960. Uji signifikan ditemukan bahwa t tabel = t hitung > t tabel 2,074 t hitung = 16,160, berdasarkan kaidah pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan tata tertib sekolah dengan disiplin belajar siswa. Kata kunci: Tata Tertib Sekolah, Disiplin Belajar Siswa.
AbstractionAtmaja, Yayan 2019. Hubungan Pelasanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V SDN Megale 1 Bojonegoro. Thesis, Primary Teacher Education, Faculty of Science Education, University of Trunojoyo Madura. Supervisor I: Mutjahidin, S. Pd., M.Pd. Supervisor II: Mahmud, S.IP., M.Si. ABSTRACT This study aims to find out how the implementation of school discipline is applied in the fifth grade of Megale I Kedungadem Elementary School, to find out how the discipline of learning at home in the fifth grade of Megale I Kedungadem Elementary School, and to know the relationship between the implementation of discipline and student learning at home in the fifth grade of Megale I Kedungadem Elementary School. This research is a non-experimental quantitative research. This study used 24 students as a sample, 14 male students and 10 female students. The technique of collecting data uses questionnaires, interviews, and documentation. The stages used are validity test, reliability test, normality test, correlation coefficient test. The results of the study show that the implementation of school discipline gets a percentage of 63,19% with the appropriate category. For learning discipline students get a percentage of 75,61% with the appropriate category. Based on the results of the calculation of the correlation coefficient test, there is a very strong relationship between the implementation of school discipline and student discipline at home with a value of r = 0.960. Significant test found that t table = 2.074 t hitung xvii = 16,160, based on the rules of t hitung , then Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is a significant relationship between the implementation of school discipline and student discipline. Keywords: School Rules, Discipline of Student Learning.