Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Diorama Lingkungan di Sekitar Rumah Tema 8 Subtema 2 Kelas IV UPTD SDN Panjalinan Blega BangkalanPenulis : Heru WahyudiDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah tanpa adanya media pembelajaran dan pemberian latihan-latihan akan membuat siswa monoton dan tidak mengerti apa tujuan dari yang mereka lakukan atau pelajari. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media yang valid, efektif, menarik, dan mudah diterapkan dalam pembelajaran di UPTD SDN Panjalinan Kec. Blega. Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) Perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) Uji Coba Produk Awal 5) revisi Produk 6) Uji coba lapangan 7) Revisi produk 8) Uji lapangan 9) Revisi produk akhir 10) Desiminasi dan implementasi. Rata-rata hasil validasi yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan ahli desain sebesar 87,3% dengan kategori valid. keefektifan ditinjau dari tes belajar siswa 90% dengan kategori sangat efektif, kemenarikan dari angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat menarik, keterterapan dari aktivitas belajar 86% dengan kriteria sangat mudah diterapkan. Pengembangan media diorama lingkungan di sekitar rumah kemudian disebarkan dengan dituliskan menjadi artikel dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Kata Kunci : Media Pembelajaran, model Borg and Gall
AbstractionHasil Telusur Hasil Terjemahan Indonesia Inggris ABSTRAK Pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah tanpa adanya media Latihan dan latihan akan membuat siswa monoton dan tidak mengerti apa tujuan dari yang mereka lakukan atau dipahami. Berdasarkan Masalah tersebut, penelitian untuk mengembangkan media yang valid, efektif, menarik, dan mudah diterapkan dalam pembelajaran di UPTD SDN Panjalinan Kec. Blega. Pengembangan ini menggunakan model Borg dan Gall yang Terdiri dari 10 langkah 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) Perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) Uji Coba Produk Awal 5) Revisi Produk 6) Uji coba lapangan 7) Revisi produk 8) Uji lapangan 9) Revisi produk akhir 10) Desiminasi dan implementasi. Rata-rata hasil validasi yang Diperoleh dari pakar media, ahli materi, dan ahli desain sebesar 87,3% dengan kategori sah. keefektifan ditinjau dari tes belajar siswa 90% dengan kategori sangat efektif, kemenarikan dari angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat menarik, keterterapan dari aktivitas belajar 86% dengan kriteria sangat mudah diterapkan. Pengembangan media diorama Lingkungan di sekitar rumah kemudian disebarkan dengan dituliskan menjadi artikel dan diterbitkan dalam bentuk jurnal. Kata Kunci: Media Pembelajaran, model Borg dan Gall ABSTRAK Pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah tanpa adanya media Latihan dan latihan akan membuat siswa monoton dan tidak mengerti apa tujuan dari yang mereka lakukan atau dipahami. Berdasarkan Masalah tersebut, penelitian untuk mengembangkan media yang valid, efektif, menarik, dan mudah diterapkan dalam pembelajaran di UPTD SDN Panjalinan Kec. Blega. Pengembangan ini menggunakan model Borg dan Gall yang Terdiri dari 10 langkah 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) Perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) Uji Coba Produk Awal 5) Revisi Produk 6) Uji coba lapangan 7) Revisi produk 8) Uji lapangan 9) Revisi produk akhir 10) Desiminasi dan implementasi. Rata-rata hasil validasi yang Diperoleh dari pakar media, ahli materi, dan ahli desain sebesar 87,3% dengan kategori sah. keefektifan ditinjau dari tes belajar siswa 90% dengan kategori sangat efektif, kemenarikan dari angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat menarik, keterterapan dari aktivitas belajar 86% dengan kriteria sangat mudah diterapkan. Pengembangan media diorama Lingkungan di sekitar rumah kemudian disebarkan dengan dituliskan menjadi artikel dan diterbitkan dalam bentuk jurnal. Kata Kunci: Media Pembelajaran, model Borg dan Gall ABSTRACT Learning is done by the lecture method without the media Exercises and exercises will make students monotonous and do not understand the purpose of what they do or understand. Based on That problem, research to develop valid media, effective, interesting, and easy to apply in learning at the UPTD SDN Subdistrict Kec. Blega. This development uses the Borg and Gall models Consists of 10 steps 1) Research and initial information gathering 2) Planning 3) initial product format development 4) Initial Product Trial 5) Product revision 6) Field trial 7) Product revision 8) Field test 9) Revision final product 10) Desimination and implementation. Average validation results Obtained from media experts, material experts, and design experts by 87.3% with categories legitimate. effectiveness in terms of student learning tests 90% in the category of very effective, the attractiveness of student response questionnaires 95.5% with very interesting categories, applicability of 86% learning activities with criteria is very easy to apply. The development of environmental diorama media around the house was then disseminated written into articles and published in the form of journals. Keywords: Learning Media, Borg and Gall models