Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tambakrigadung II Lamongan.
    Penulis : RIA DWI JAYANTI
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan model guided discovery berbantuan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Tambakrigadung II Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel yaitu 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes, dan observasi. Tahap-tahap yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji linieritas, regresi sederhana, uji signifikansi dan koefesian determinasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model guided discovery berbantuan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan thitung =10,69 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2,10 dengan taraf signifikan sebesar ? = 5% dan koefisien determinasi sebesar 86,40%. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka, 10,69 > 2,10 Ho ditolak dan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model guided discovery berbantuan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tambakrigadung II Lamongan. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Guided Discovery, Media KIT IPA, Hasil Belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this research is to know whether there is influence of science learning by using guided discovery model assisted by KIT science media to the results of students learning of class V at SDN Tambakrigadung II Lamongan. This research is a quantitative research. The research design used in this research is quasi experimental design with type nonequivalent control group design. This research uses 40 students as sample those are 20 students in experiment class and 20 student in control class. Data collection techniques in this study use tests, and observations. The stages used in this study are validity, reliability, normality, homogeneity, linearity test, simple regression, significance test and coefficient of determination. The results show that there is a significant influence of science learning by using guided discovery model by KIT science media on student learning outcomes based on the result of significant test calculation tcount = 10,69 and ttable t(?/2, n-2) = 2.10 with significant level of ? = 5% and coefficient of determination equal to 86,40%. In accordance with the rule of tcount> ttable then 10.69> 2.10 Ho is rejected and there is a significant influence of science learning by using guided discovery model with KIT science media on students' learning result of grade V SDN Tambakrigadung II Lamongan. Keywords: Science Lesson, Guided Discovery Model, KIT Science Media, Learning Outcomes.

Detail Jurnal