Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Diorama Rumah Adat Indonesia Kelas IV SD Negeri Banyuajuh 06 Kamal.Penulis : Nur ' AiniDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Kebehasilan kegiatan proses pembelajaran ditinjau dari perangkat pembelajaran yang digunakan. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. Sekolah Negeri Banyuajuh 06 Kamal di kelas IV dalam proses pembelajarannya menggunakan media 2 dimensi (gambar dan poster). Media yang digunakan tidak menarik perhatian siswa, sehingga seringkali membuat siswa bosan dengan pembelajaran tematik di tema 1 subtema 1 pembelajaran 1. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan untuk mengembangkan media yang layak, efektif, menarik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model borg and gall. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama rumah adat Indonesia yang layak dari segi kelayakan, kemenarikan, keefektifan dan keterterapan dan mengembangkan instrumen pembelajaran yang layak digunakan sesuai dengan media yang dikembangkan. Pengembanagn ini menggunakan model Borg and Gall. Hasil kelayakan produk ini dilihat dari 3 validator. Pertama ahli validasi media pembelajaran memperoleh persentase 94% (sangat layak), ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 90% (sangat layak), dan ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 91% (sangat layak). Hasil uji coba produk menggunakan angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 90% (sangat menarik). Hasil uji coba pemakaian memperoleh hasil kemenarikan dengan persentase 95% (sangat menarik), hasil keefektifan menggunakan observasi aktivitas guru mendapatkan persentase 89% (sangat efektif), observasi aktivitas siswa mendapatkan persentase 89% (sangat efektif) dan hasil tes belajar memperoleh 92% (sangat efektif). Hasil keterterapan mendapatkan 90% (sangat mudah digunakan) Kata Kunci : Media diorama rumah adat Indonesia, model borg and gall
AbstractionABSTRAK Successful of the learning process activities are reviewed from the learning deviced used. One of the devices that support learning in the process is learning media. Banyuajuh Public School 06 Kamal in the fourth grade in the learning process using two-dimensional media (pictures and posters). The media used was not attracted the attention of students, so that often make students bored with thematic learning theme 1 subtheme 1 learning 1. Based on these problem, researchers wanted to develop a viable media, effective, interesting media in the learning process using the borg and gall model. This development research aims to develop a custom home diorama media Indonesian viable in terms of feasibility, the attractiveness, effectiveness and applicability and developing learning instruments are appropriate to used in accordance with the media developed. This model development used Borg and Gall. The results of the feasibility of this product are seen from 3 validators. The first media expert validation a percentage 94% (very decent), learning materials expert earn a percentage 90% (very decent), and learning design experts get a percentage 91% (very decent). The results of testing the product using the student questionnaire responses get a percentage of 90% (very interesting). The trial results attractiveness of the results obtained with the use of the percentage of 95% (very interesting), the effectiveness of the use of teacher activity observation gets a percentage of 89% (very effective), student activity observation gets a percentage of 89% (very effective) and the result of tests of learning get 92% (very effective). Result of applicability get 90% (very convenient). Keywords : Diorama media Indonesian traditional house, a model borg and gall.