Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Musik Lagu Nusantara Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SDN Ketidur Mojokerto
    Penulis : Nadinda Vanti Puspitasari
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan ini dilatarbelakangi adanya masalah kurang aktifnya siswa dikarenakan pembelajaran masih menggunakan media yang kurang menarik terutama pada materi lagu daerah. Dari permasalahan tersebut pengembang ingin mengembangkan media pembelajaran kotak musik lagu nusantara pada kelas IV SDN Ketidur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid, menarik efektif dan mudah diterapkan. Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil rata-rata presentase kevalidan media kotak musik lagu nusantara adalah 94% (sangat valid, sangat baik digunakan), dari hasil uji coba pemakaian diperoleh presentase kemenarikan 94%, hasil uji coba pemakaian diperoleh lembar observasi aktivitas guru 95%, hasil lembar observasi aktivitas siswa diperoleh 91% dan hasil tes belajar siswa diperoleh 90%, karena setiap indikator keefektifan yakni observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil tes belajar siswa masing-masing telah mencapai kriteria efektif. Hasil dari keterterapan media didapatkan 92% (sangat mudah diterapkan). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak musik lagu nusantara valid, menarik, efektif dan mudah diterapkan pada pembelajaran materi lagu daerah. Kata Kunci: pengembangan, media kotak musik lagu nusantara, lagu daerah.

    Abstraction

    ABSTRACT This development is based on the problem of the passive students because of conventional learning system without using any learning media especially for the folk song. Based on that case, the developer wants to develop the music box learning media of archipelago song to the 4th grade of SDN Ketidur. The developer uses the development model of Borg and Gall. The techniques of analyzing data are qualitative descriptive and quantitative descriptive analysis. Based on the research that has been done, It was found that the results of the validity percentage of the song music box media of the archipelago was 94% (very valid, very good to use), according to material experts was 94% (very valid, very good to use), according to the learning design expert 95% (very valid, very good used), from the results of the trial the product was found to be an average of 91% (very effective, very good to use), from the results of the trial use obtained an average of 90% (very effective, very good to use). Practical results obtained 92% (very practical, very good to use). It can be concluded that the learning media of the archipelago song music box is effective, interesting, valid and practical used in the learning of folk songs. Keywords: development, music box media archipelago songs, regional songs

Detail Jurnal