Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Media Sempoa Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN Pejagan 9 Pada Mata Pelajaran Matematika
    Penulis : Uyunur Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II : Indah Setyo Wardhani, M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media sempoa terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Pejagan 9 pada pelajaran matematika serta motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media sempoa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Pejagan 9 Bangkalan yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar kognitif siswa, lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji t dua sampel independen diperoleh data pretest dengan nilai t hitung = -0,1873 dan t tabel = 2,0244, oleh karena -t xvi tabel ? t hitung ? t maka Ho diterima. Sedangkan data posttest diperoleh nilai t hitung = 2,5723 > t tabel tabel = 2,0244, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan media sempoa terhapat hasil belajar siswa kelas II SDN Pejagan 9 Bangkalan. Persentase skor rata-rata motivasi siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media sempoa yaitu sebesar 88% dengan kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas II SDN Pejagan 9 Bangkalan memiliki motivasi belajar yang sangat kuat setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan media sempoa. Kata Kunci: Pembelajaran, media sempoa, motivasi, hasil belajar

    Abstraction

    This study has an objective to know the effect of learning by using abacus media on the learning outcomes of second grade students of SDN Pejagan 9 on mathematics subject and students learning motivation after joining the learning by using abacus media. This study is a quantitative research by using Quasi Eksperimental design of Non equivalent Control Group Design type. This study is conducted in second grade of SDN Pejagan 9 Bangkalan that consists of 40 students. Samples are taken by using saturated sampling technique. Instruments that used are test sheet of students’ cognitive learning outcomes, observation sheets, and questionnaires. Based on the calculation results of t-test of two independent samples, the pretest data is obtained with the value of t count = -0.1873 and t table = 2.0244, because -t xvii table ? t count ? t then Ho is accepted. Meanwhile, the posttest data is obtained with the value of t count table = 2.5723 > t = 2.0244, then Ho is rejected and Ha is accepted, so, it can be concluded that there is a significant effect of the learning by using abacus media on the learning outcomes of second grade students of SDN Pejagan 9 Bangkalan. The percentage of average score of students’ motivation after being given a treatment learning using abacus media is 88% with very strong category. It shows that the learning motivation of second grade students of SDN Pejagan 9 Bangkalan has a very strong learning after being given learning by using abacus media. Keywords: Learning, abacus media, learning outcomes

Detail Jurnal