Detail Karya Ilmiah
-
Problematika Siswa Sekolah Dasar: Studi Kualitatif Pada Siswa Di SDN Pangolangan 1 Kecamatan Burneh Yang Mengikuti Pendidikan DiniyahPenulis : Choiron Salis Putra MDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika siswa Sekolah Dasar Di SDN Pangolangan 1 Kecamatan Burneh yang mengikuti pendidikan Diniyah serta solusi guru dan orang tua dalam mengatasi problematika yang dialami oleh siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa ini ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal belajar siswa. Hal ini menimbulkan masalah terhadap munculnya kesulitan dalam memanajamen waktu dan kesulitan belajar ketika di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDN Pangolangan 1 yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan yang digunakan terdiri dari 10 informan utama dan 15 informan tambahan. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, kemudian dicek kembali keabsahan datanya dengan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika pada siswa siswa Sekolah Dasar Di SDN Pangolangan 1 Kecamatan Burneh yang mengikuti pendidikan Diniyah yaitu kelelahan, gangguan kesehatan, pemahaman materi rendah, kurang fokus perhatian, dan kurangnya minat belajar. Untuk meminimalisir problematika tersebut, guru berupaya sesuai kemampuan mereka dengan memberikan tambahan bimbingan belajar ketika siswa kurang paham dan mengurangi tugas rumah yang diberikan untuk mengoptimalkan waktu istirahat siswa. Begitupun upaya yang diberikan orang tua dengan lebih memperhatikan waktu belajar dan menumbuhkan minat belajar siswa. Kata kunci: Problematika, Siswa Sekolah Dasar, Pendidikan Diniyah
AbstractionThis study aims to find out the problems of elementary school students in Pangolangan 1 Burneh Elementary School who attend Diniyah education and the solution of teachers and parents in overcoming the problems experienced by students. Problems undertaken by students in terms of internal factors and external factors of student learning. This poses a problem in managing the time and trouble of organizing it in school. This research was conducted in SDN Pangolangan 1 using qualitative approach with research subject using purposive sampling technique. Informants consisting of 10 key informants and 15 additional informants. Data collection techniques, interviews, and documentation. Data were analyzed using Miles and Huberman model, then checking the validity of data by using credibility test through triangulation technique of source and triangulation. Based on the results of this study, it can be concluded that the problematics in elementary school students in SDN Pangolangan 1 Burneh subdistrict that follow Diniyah education are fatigue, health problems, low material understanding, lack of attention focus, and lack of interest in learning. To minimize problematics, teachers provide their skills by providing additional learning guidance on materials that students do not understand and reduce the tasks to optimize student break times. As well, the efforts are given to parents by paying more attention to study time and fostering students' interest in learning. Keywords: Problematic, Formal Education, Non Formal Education. Keywords: Problematic, Elementary School Students, Education Diniyah