Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lagu Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan.Penulis : Safriana Ika PratiwiDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media lagu terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian quasi experimental design jenis nonequivalen control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media lagu terhadap hasil belajar siswa kelas III berdasarkan hasil perhitungan uji t komparatif dua sampel diperoleh t_hitung= 8,48 dan t_tabel = 2,027. Berdasarkan kaidah pengujian t_hitung > t_tabel jika 8,48 > 2,027 maka Ho ditolak dan ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum teaching.
AbstractionThis study aims to determine the effect of learning model of quantum teaching based on the media song on learning outcomes in the Indonesian language class III SDN Bancaran 4 Bangkalan. This research is quantitative research, with quasi experimental design design type nonequivalen control group design. The sample used is the entire class III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Data collection techniques used observation, tests, and questionnaires. The result of research shows that the influence of learning model of quantum teaching based on song media on student learning result of class III based on calculation result of comparative t test of two samples obtained t_hitung = 8.48 and t tabel = 2,027. Based on the test rule t hitung> t table if 8.48> 2.027 then Ho is rejected and there are differences in learning outcomes between classes that use quantum teaching and classroom learning models that do not use quantum teaching model learning.