Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Diorama IPA Rangkaian Listrik Bangunan Rumah Pada Kelas VI SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan
    Penulis : Moch.Aries Setiawan
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Kurangnya dan tidak pernah dilakukannya kegiatan praktikum dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas VI di SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan merupakan alasan dilakukanya penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media dan mengembangkan instrumen pembelajaran dengan menggunakan media diorama IPA rangkaian listrik bangunan rumah. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiono. Tahapan model pengembangan Borg and Gall adaptasi Sugiono antara lain: Potensi dan masalah, penggumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, produksi masal. Hasil penelitian diperoleh peresentase kelayakan 86,6% (sangat layak) diperoleh dari perhitungan ahli media 90%, ahli desain 85,2%, ahli materi 84,6%. Keefektifan media pembelajaran diperoleh hasil belajar pada uji coba produk 100% tuntas dan uji coba pemakaian 100% tuntas, lembar observasi aktivitas siswa uji coba produk 93,75% (sangat efektif) dan uji coba pemakaian 91,9% (sangat efektif), lembar observasi aktivitas guru uji coba produk 92,5% (sangat efektif) dan uji coba pemakaian 97,5% (sangat efektif). Kemenarikan media pada uji coba produk 80,4% (menarik) dan uji coba pemakaian 92,5% (sangat menarik). Keterterapan produk pada uji coba produk81,8% (boleh diterapkan) dan uji coba pemakaian 97,5% (sangat boleh diterapkan). Hal tersebut menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media diorama rangkaian listrik bangunan rumah telah sangat layak, sangat efektif, sangat menarik dan sangat boleh digunakan sebagai media pembelajaran IPA kelas VI sekolah dasar.

    Abstraction

    Lack of and never done practicum activity in science activities of class VI in Bancaran State Elementary School 4 Bangkalan is the reason done research and development. The purpose of this development research is to develop the media and develop the learning instrument by using the IPA diorama media of house building electrical circuit. This study uses Borg and Gall's modified learning model Sugiono. The stages of Borg and Gall's model of Sugiono's adaptation are: Potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product trials, product revisions, mass production. The results obtained peresentase feasibility 86.6% (very feasible) obtained from the calculation of media experts 90%, design experts 85.2%, material experts 84.6%. The effectiveness of instructional media was obtained by learning result on 100% complete product trial and 100% complete test, observation activity of 93.75% (highly effective) product trial and 91.9% (very effective) usage test, sheet observation activity of product trial teacher 92,5% (very effective) and trial usage 97,5% (very effective). Media attractiveness on product trial 80.4% (interesting) and trial usage 92.5% (very interesting). Product applicability at product trial 81. 8% (applicable) and 97.5% usage trial (highly applicable). It states that learning using diorama media of electrical circuit of house building has been very feasible, very effective, very interesting and it can be used as medium of science learning of class VI of elementary school.

Detail Jurnal