Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Fraction Board pada Materi Pecahan Kelas III UPTD SD Negeri Lajing 4
    Penulis : Nurhasanah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik. S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Media pembelajaran adalah alat bantu untuk yang digunakan sebagai prantara untuk menyampaikan materi sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kemenarikan pada media fraction board. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono (2015: 409). Peneliti memilih model Borg and Gall karena lebih sesuai untuk mengembangkan media, jelas dan sistematis sehingga mudah untuk diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil rata-rata kelayakan media fraction board memperoleh sebesar 94,33% . Keterterapan media fraction board pada uji coba pemakaian dari aktivitas guru memperoleh sebesar 91,33% , dan observasi aktivitas siswa sebesar 85,6%. Keefektifan media fraction board dilihat dari hasil belajar pada uji coba pemakaian memperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 100%. Kemenarikan media fraction board pada uji coba pemakaian sebesar 95,25%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media fraction board sangat layak, sangat praktis, sangat efektif dan sangat menarik. Sehingga media fraction board layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi pecahan. Kata kunci: Media Fraction Board, pecahan sederhana, pembelajaran matematika.

    Abstraction

    ABSTRACT Media of learning is an equiment to be used as mediator to deliver material. The researcher and development aims to determine the feasibility, effectiveness and attractiveness of the media fraction board. This study uses research development as methodology and Borg and Gall which is adapted by Sugiyino (2015: 409). The tesearcher chose the Bord an gall model because it was more suitable for developing media, clear and systematic so that it was easy to apply. Besed on the results of the research conducted the results of the average percentage os media, dessign, and material exprert validators were va 94,33%. The effectiveness of the media fraction board on product trials from teacher activities of student activities were 84,55% and student test results werw 91,7%. The attractiveness of the media fraction board in produk trials was obtained from 91% student response questionnaires, while in the trials the use of teacher activities 89.33% and 85.06% student activities and 100% learning outcomes. The attractiveness of the media fraction board in the usage trials was obtained from the students questionnaire responses eit a percentage of 95,25% these results indicate that the media fraction board is very feasible, very interesting . so that media is suitable to be used as s medium for learning matematics in fractions. Keyword: Fraction Board Media. Simple fraction, mathematic

Detail Jurnal