Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PERKALIAN MODEL MATRIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SDN PEJAGAN 9 BANGKALAN
    Penulis : IQBAL SYARIFULLAH
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan alat peraga perkalian model matrik terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pejagan 9 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pejagan 9 Bangkalan yang berjumlah 68 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar kognitif siswa, lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t independen diperoleh data pre-test dengan nilai t = -0,278 < t = 1,998, hal ini berarti Ho diterima, sedangkan data post-test diperoleh nilai t tabel hitung = 2,202 > t = 1,998, hal ini berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menggunakan alat peraga perkalian model matrik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pejagan 9 Bangkalan. Hasil rata-rata motivasi siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan alat peraga perkalian model matrik yaitu sebesar 85,94%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelas V SDN Pejagan 9 Bangkalan tergolong dalam kategori sangat kuat setelah diberikan pembelajaran menggunakan alat peraga perkalian model matrik. Kata Kunci: pembelajaran, alat peraga, perkalian model matrik, motivasi, hasil tabel belajar. hitung

    Abstraction

    This study has an objective to know the effect of learning by using matrix model multiplication props on motivation and cognitive learning outcomes of fifth grade students of SDN Pejagan 9 Bangkalan. This study is a quantitative research using Quasi Eksperimental design of Non equivalent Control Group Design type. This study conducted in Fifth grade of SDN Pejagan 9 Bangkalan with 68 students. Samples are taken by using saturated sampling technique. The instruments used are test sheet of students’ cognitive learning outcomes, observation sheets, and questionnaires. Based on the results of the independent t-test calculation, the pre-test data is obtained with the value of t count = -0.278t table

Detail Jurnal