Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Stratgei Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah.Penulis : Robiatul AdawiyahDosen Pembimbing I : Moh.Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental jenis Nonequievalen Control Group Design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas V UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, dan lembar observasi. Dari hasil uji t independen hasil belajar diketahui bahwa thitung = 2,2495 > ttabel = 2,0244, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar matematika kelas V UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa antara pre-test dan post-test dilakukan uji gain ternormalisasi sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi. Kata Kunci: strategi pembelajaran everyone is a teacher here, hasil belajar.
AbstractionThis study has an objective to determine the effect of learning by applying learning strategies everyone is a teacher here on mathematics learning outcomes students of fifth grade of SDN Da’iring 01 Socah. This study is a quantitative research using Quasi Experimental in the type of Nonequivalent Control Group Design. Sampling technique uses saturated sampling in which all members of the population are used as samples. The sample is 40 fifth grade students of UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah. The instruments are learning outcomes test sheets, and observation sheets. Based on the results of independent t-test on leraning result it states that tcount = 2.2495 > ttable = 2.0244, which means that Ho is rejected and accept the Ha. So that it can be concluded that there is a significant effect in learning by applying learning strategies everyone is a teacher here on mathematics learning outcomes of fifth grade of UPTD SD Negeri Da’iring 01 Socah. The average improvement on students learning result between the pre-test and post-test is examined on normalized gain and obtained a value 0,78 which in included in high criteria. Keywords: learning strategies everyone is a teacher here, learning outcomes.