Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA BANYUAJUH KECAMATAN KAMAL
    Penulis : Nita Faiga Amalia
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda S., S. Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Amalia, Nita Faiga. 2019. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Sulaiman, S. Pd., M.Pd. Pembimbing II: Andika Adinanda S., S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru SDN di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal. Sertifikasi merupakan pemberian sertifikat pendidik yang profesional kepada guru. Pemberian seritifikasi diharapkan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan dari guru. Kesejahteraan guru merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja dari seorang guru. Kinerja guru merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran yang menyangkut semua tingkah laku guru dalam melakukan tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendeketan non eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi, sampel yang digunakan adalah 46 orang guru yang telah bersertifikat dan tersebar di 8 Sekolah Dasar Negeri di Desa Banyuajuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket tertutup berupa angket kinerja guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 3,195> 2,015 dan dapat disimpulkan bahwa bahwa Ho ditolak, sehingga Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara antara sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal. Selanjutnya, dilakukan uji determinasi dan dapat diketahui bahwa sumbangan atau kontribusi sertifikasi guru terhadap kinerja guru yang diporoleh yaitu sebesar 18,8%. Kata kunci: Sertifikasi profesi guru, Kinerja guru

    Abstraction

    Amalia, Nita Faiga. 2019. Effects of Teacher Certification on Performance of Public Elementary School Teachers in Banyuajuh Village, Kamal District. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Sulaiman, S. Pd., M.Pd. Advisor II: Andika Adinanda S., S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The research was conducted aimed to find out how the effect of teacher professional certification on the performance of elementary school teachers in the Banyuajuh Village, Kamal District. Certification is the provision of a professional educator certificate to the teacher. Providing certification is expected to increase the level of welfare of the teacher. Teacher welfare is one of the external factors that can affect the performance of a teacher. Teacher performance is important in the learning process that involves all teacher behavior in carrying out their duties. This research is a quantitative study with a type of non-experimental approach. The sampling technique in this study was carried out by saturated sampling technique, where all members of the population were used as samples. So, the sample used was 46 teachers who were certified and spread in 8 Public Elementary Schools in Banyuajuh Village. The instrument used was a closed questionnaire in the form of a teacher's performance questionnaire. From the results of research conducted using the significance test shows that tcount> t table is 3.195> 2.015 and it can be concluded that Ho is rejected, so Ha is accepted, which means that there is a significant influence between teacher professional certification on the performance of public elementary school teachers in Banyuajuh Village Kamal District. Furthermore, a determination test was carried out and it can be seen that the contribution of teacher certification to teacher performance was obtained at 18.8%. Keywords: Teacher professional certification, Teacher performance

Detail Jurnal