Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Lingkungan Belajar, Sarana-Prasarana dan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 1 Babaktulung
    Penulis : Aviful Laela
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M. Pd.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara lingkungan belajar, sarana-prasarana, dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN 1 Babaktulung Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 86 siswa. Data di analisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan lingkungan belajar kondusif dengan persentase sebesar 79,1%, sarana-prasarana lengkap dengan persentase sebesar 95,3% dan media pembelajaran baik dengan persentase sebesar 76,7%. Hasil analisis dengan uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa uji F menghasilkan F hitung = 15,455 > F = 2,716 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengaruh sebesar 36,12%. Hasil uji t lingkungan belajar terhadap prestasi belajar memperoleh hasil t tabel xx hitung =2,352 > t = 2,282 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengaruh sebesar 24,11%. Uji t sarana-prasarana terhadap prestasi belajar memperoleh hasil t hitung = 2,442 > t = 2,282 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengaruh sebesar 21,25%. Uji t media pembelajaran terhadap prestasi belajar memperoleh hasil t tabel hitung = 2,666 > t = 2,282 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengaruh sebesar 21,72%. tabel Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Sarana-Prasarana, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar.

    Abstraction

    This study aims to describe the influence between learning environment, facilities, and learning media on student learning achievement. The research was conducted at SDN 1 Babaktulung Sarang District of Rembang Regency. This research is descriptive quantitative research. Data collection using questionnaire, observation, and documentation. The sample used is 86 students. Data were analyzed by multiple linear regression. The result of analysis shows conducive study environment with percentage of 79,1%, complete facilities with percentage equal to 95,3% and medium of learning good with percentage equal to 76,7%. The result of analysis with multiple linear regression test showed that F test yield F xxi count = 15,455 > F = 2,716 so Ho is rejected and Ha accepted with influence equal to 36,12%. Result of t test of learning environment to learning achievement get result t = 2,352 > t = 2,282 so Ho rejected and Ha accepted with influence equal to 24,11%. The t-test of the infrastructures to the learning achievement got the result t table count = 2,442 > t = 2,282 so Ho rejected and Ha accepted with the influence of 21.25%. Test t learning media on learning achievement to obtain t count = 2.666 > t table = 2.282 so Ho rejected and Ha accepted with the effect of 21.72%. table Keywords: Learning Environment, Facilities, Learning Media, Learning Achievement 0

Detail Jurnal