Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Aktivitas Guru dalam Mengimplementasikan Kompetensi pada Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah DasarPenulis : hayyu arifahDosen Pembimbing I : mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :mahmud, S.I.P., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas guru serta kendalanya di SD Islam Unggulan Al Maslachah dalam pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya, yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Dari hasil analisis diketahui bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru berupa mengenali karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi. Pada kompetensi kepribadian berupa guru bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional, menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan, etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru. Pada kompetensi sosial berupa guru bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif, komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat. Pada kompetensi profesional berupa guru menguasai materi, struktur, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, mengembangkan keprofesian melalui tindakan yang reflektif. Kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki berasal dari guru itu sendiri, terkendala waktu, siswa, dan fasilitas yang kurang mendukung.
AbstractionThis study aims to describe teacher activities and constraints in the Islamic Elementary School Al Maslachah in the implementation of learning related to the competence. This study used a qualitative approach with data collection techniques, namely passive participation observation, semi structured interviews, and documentation. Data analysis in this research use Miles and Huberman model. From the analysis result, it is known that teacher activity in implementing teacher pedagogic competence is to recognize the characteristics of learners, master learning theory and educational principles, curriculum development, educational learning activities, potential development of learners, communication with learners, assessment and evaluation . In the personality competencies of teachers acting in accordance with national religious, legal, social and cultural norms, showing mature and exemplary personalities, tos of work, high responsibility, pride of being a teacher. On the social competence of teachers being inclusive, objective, and non-discriminatory, communication with fellow teachers, educational staff, parents of learners, and the community. In the professional competence of teachers mastering materials, structures, and scientific thinking patterns that support the subjects that diampu, develop profession through reflective action. Obstacles experienced by teachers in implementing the competencies that belong to the teacher itself, constrained time, student and facilities that are less supportive.