Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Program Jumat Infak dengan Karakter Peduli Sosial Siswa di SDN Gili Timur 1Penulis : Furi Wahyu LestariDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.Abstraksi
Furi Wahyu Lestari. 2018. Hubungan Program Jumat Infak dengan Karakter Peduli Sosial Siswa di SDN Gili Timur 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Priyono Tri Febrianto, S.sos., M.Si. Pembimbing II Mahmud S.IP, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Program Jumat Infak dengan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Gili Timur 1 Kamal Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa yang terdiri dari kelas I sampai kelas VI. Data dianalisis menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Hasil Analisis menunjukkan bahwa siswa mengikuti Program Jumat Infaq secara aktif dengan persentase sebesar 87,5 persen dan karakter peduli sosial yang dimiliki oleh siswa berada pada kategori kuat dengan persentase sebesar 90,2 persen. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment menunjukkan bahwa nilai uji t pengujian signifikansi t_hitung (9,600) > t_tabel (2,004) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan antara Program Jumat Infak dengan karakter peduli sosial siswa di SDN Gili Timur 1. Konstribusi yang diberikan oleh Program Jumat Infak kepada karakter peduli sosial siswa sebesar 63,1%. Kata kunci: Program Jumat Infak, Karakter peduli sosial
AbstractionFuri Wahyu Lestari. 2018. The Connection between Friday Infak Program and Students’ Social Care Character in State Elementary School Gili Timur 1. Thesis, Elementary School Teacher’s Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura.First Advisor: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Second Advisor: Mahmud, S.IP., M.Si. ABSTRACT This research aims to describe the relationship between Friday Infak Program and students’ social care character. This research is conducted in the State Elementary School Gili Timur 1 Kamal Bangkalan. The research is quantitative research with descriptive analysis. The instrument used is question form. The samples in this research are 56 students consisting of grade 1 up to grade 6. Analytical tool used in this research is the analysis of Correlation Product Moment. The result of the analysis shows that students follow the Friday Infaq Program actively with a percentage of 87,5 percent and sosial care character owned by the students is in very strong category with the percentage of 90,2 percent. The result of the analysis by using Correlation Product Moment shows that the value of t-test the significant testing t_count (9,600) >t_table (2,004) thus the Ho is rejected and Ha is received which means there is a significant relationship beetwen Friday Infaq Program and social care character of the students in the State Elementary School Gili Timur 1. The contribution given by Friday Infak Program to the students’ social care character is 63,1 percent. Keywords: Friday Infak Program, Social care character