Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Menonton Film Kartun Yang Mengandung Unsur Kekerasan Terhadap Perilaku Kekerasan Siswa SDN Jaddih III.Penulis : Mochamad DafidDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton film kartun terhadap perilaku kekerasan siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Jaddih III Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode non-eksperimen. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 50. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan teknik Purpose Sampling. Pengaruh film kartun yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku kekerasan siswa dicari melalui perhitungan uji regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Berdasarkan uji regresi linier sederhana, kontribusi yang diberikan variabel X terhadap variabel Y sebesar sebesar 0,14+0,289X. Hasil analisis menggunakan uji signifikansi t xvi hitung (2,01) maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan menonton film kartun yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku kekerasan siswa. Uji determinasi menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0,849, maka kontribusi yang disumbangkan film kartun yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku kekerasan siswa sebesar 72,08%. Kata Kunci: Menonton Film Kartun Yang Mengandung Unsur Kekerasan, Perilaku Kekerasan Siswa.
AbstractionThis study determines to know of effect watching cartoon film into hardness student’s behavior. This study applied in SDN Jaddih III Socah District of Bangkalan Regency. This study used descriptive quantitative approach with no-experiment method. The data collect used observations, questioner, interview, and documentation. The total sample used 50 totals. The technique of sample chooses is non-probability sampling with purpose sampling technique. The effect of cartoon film which contain on the hardness unsure into hardness student’s behavior searched via simple linier regression test and significance test. Based on simple linier regression test, the contributed given X variable to Y variable equal to 0, 14 + 0, 289X. The result analyzes used significance test t account xvii (11, 1) > t (2, 01) then Ho acceptable and Ha unacceptable, from it there are significance effect of watching cartoon film into hardness student’s behavior. The determination test is showing to determination coefficient equal to 0, 849, so the contribute of cartoon film which contain the hardness unsure into hardness student’s behavior equal to 72, 08%. table Key word: Watching Cartoon Film which Contain the Hardness Act Unsure, The Hardness Student’s Behavior