Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY-LEARNING TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPAPenulis : EKA TAUHIDA MUHTARDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M. PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S. Pd.M. Pd.Abstraksi
ABSTRAK proses pembelajaran IPA juga menitikberatkan pada suatu proses penelitian dan pemecahan masalah, hal ini terjadi ketika belajar mampu meningkatkan proses berpikir peserta didik untuk memahami fenomenafenomena alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kreatif siswa kelas V mata pelajaran IPA di SD Negeri Labang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan eksperimen, jenis Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan jumlah populasi 44 siswa yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes ketrampilan berpikir kreatif, observasi guru dan siswa, dan respon siswa. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu t hitung = 5,572 dan t = 2,086 artinya t hitung > t maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kreatif sebesar 60,82%. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran discovery learning terhadap ketrampilan berpikir kreatif siswa kelas V mata pelajaran IPA. tabel, Kata Kunci: Pembelajaran Discovery Learning, Ketrampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA. tabel
AbstractionABSTRACT IPA learning process also focuses on a research process and problem solving, this happens when learning process is able to improve the thinking process of learners to understand natural phenomena. This study aims to determine the learning significant effect of discovery learning on the creative thinking skills of class V students in science subjects in SD Negeri Labang. This research uses quantitative method, experimental approach, Quasi Experimental Design type with Nonequivalent Control Group Design form. This study uses a saturated sampling technique, with a population of 44 students divided into control classes and experimental class. The instruments used in this study are the test of creative thinking skills, teacher and student observation, and student response. The used hypothesis testing is simple linear regression test. The obtained results are t count = 5,572 and t table = 2.086 means t count > t , then Ho is rejected and Ha is accepted. The magnitude of the influence of learning discovery learning on creative thinking skills is 60.82%. Based on the results of the calculation, it can be concluded that there is a learning significant effect of discovery learning against skills of creative thinking class V students of science subjects. Keywords: Learning of Discovery Learning, Creative Thinking Skills, Science Learning. table