Detail Karya Ilmiah
-
PROFIL DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS 5 DARI ORANG TUA BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI SDN DOMAS 1 KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESKKPenulis : Bayu WidarsonoDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Widarsono, Bayu. 2020. 140611100175. Profil Disiplin Belajar Siswa Kelas 5 dari Orang Tua Bekerja dan Tidak Bekerja di SDN Domas 1, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mujtahidin S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil disiplin belajar siswa kelas 5 dari asal orang tua bekerja dan tidak bekerja di SDN Domas 1 Menganti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 10 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa yang orang tuanya bekerja pada umumnya terbentuk melalui keluarga mereka lebih terpenuhi kebutuhan sekolahnya namun pada aspek disiplin dalam mengerjakan tugas pada dasarnya masih lemah. Berbeda dengan disiplin belajar anak yang orang tuanya tidak bekerja, jika pada anak yang orang tua tidak bekerja lebih disiplin dalam mengerjakan tugas dan disiplin dalam mengikuti pelajaran disekolah. Namun, walau siswa yang orang tuanya bekerja mereka belum cukup untuk hal-hal tertentu tapi mereka dapat memenuhi aspek mampu disiplin dalam menaati peraturan tata tertib disekolah. Peran kedua orang tua, teman sebaya dan sekolah juga sangat diperlukan untuk membentuk disiplin belajar seorang siswa. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Orang Tua Kerja dan Tidak bekerja
AbstractionWidarsono, Bayu. 2020. 140611100175. Learning Discipline Profile of Class 5 Students from Working and Not Working Parents at SDN Domas 1, Menganti District, Gresik Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Supervisor I: Mujtahidin S.Pd., M.Pd., and Supervisor II: Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRACK This study aims to describe the profile of the learning discipline of 5th grade students from parents of working and not working at SDN Domas 1 Menganti. This research uses a descriptive qualitative approach with 10 students subject using purposive sampling technique. Data collection methods using interviews, observation, and documentation. Data analysis in this study uses an interactive model that is data reduction, data presentation and drawing conclusions. Test the validity of the data using source triangulation and technique triangulation. The results showed that the learning discipline of students whose parents worked in general was formed through their families more fulfilled the needs of the school, but in the aspect of discipline in doing the task is basically still weak. Unlike the learning discipline of children whose parents do not work, if the child whose parents do not work is more disciplined in doing the tasks and discipline in attending school lessons. However, even though students whose parents work they are not enough for certain things but they can meet the aspects of being able to discipline in obeying the rules of discipline in school. The role of both parents, peers and school is also very necessary to form a student's learning discipline. Keywords: Learning Discipline, Working and Non-working Parents