Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Di UPTD SDN Kraton 3 Bangkalan
    Penulis : Pavlina Vidia Sari
    Dosen Pembimbing I : Priono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta kendala dalam implementasi program sekolah Adiwiyata di UPTD SDN Kraton 3 pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, kemudian diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber, uji transferabilitas, uji dependibilitas dan uji konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat empat program yang diterapkan yaitu program 4R, pembibitan, komposter dan sabtu bersih yang dilaksanakan berdasarkan komponen Adiwiyata yaitu; kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Kendala dalam implementasi Program Adiwiyata di UPTD SDN Kraton 3 antara lain masih kurangnya kepedulian dan partisipasi warga sekolah, kurangnya kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, kurangnya lahan sekolah dan dana, serta kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Secara umum, Implementasi Program Sekolah Adiwiyata telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Namun, pelaksanaan progam perlu ditingkatkan dalam upaya membentuk warga sekolah yang berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan sesuai cerminan visi, misi dan tujuan. sekolah. Kunci: Implementasi, Program Sekolah Adiwiyata.

    Abstraction

    This study aims to describe the implementation of adiwiyata program and the obstacle in the UPTD Elementary School Kraton 3. This research was a qualitative research of phenomenology. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation with purposive sampling technique. Data analysis techniques used by Miles & Huberman interactive models, then validity test used credibility test using triangulation technique and source, transferability test, dependability, and confirmability test. The results showed that there are four programs were implemented, namely 4R program, nursery, composter, and saturday net is carried out based on components in Adiwiyata school program include environmentally school policy, environment-based curriculum, partisipatory-based school activities, and management of enviromentally support facilities. The obstacle factors are lack of concern and participation, lack of the teacher’s ability to prepare learning plans, lack of school land and funds as well as unfavorable conditions surrounding the school. The Adiwiyata Program is implemented according to the standards and plans that have been prepared. However, the implementation of the program needs to be improved to cultural and developing environmental based behavior in accrodance with the reflection of the schools vision, mission and goals. Keyword: Implementations, Adiwiyata School Program

Detail Jurnal