Detail Karya Ilmiah

  • Fungsi Laboratorium IPA Sebagai Sumber Belajar Dalam Pemlajaran IPA Kelas IV SD Al Irsyad Surabaya
    Penulis : umi fadilah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin., M.Pd., S.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie., M.Pd., S.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dari laboratorium IPA sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran ipa kelas IV SD Al Irsyad Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang, guru kelas IV, Kepala sekolah dan petugas laboratoirum. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium IPA pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Al Irsyad Surabaya yaitu, pertama, laboratorium IPA sebagai sumber dapat memperkuat pemahaman siswa tentang konsep IPA. Kedua, laboratorium IPA sebagai sumber belajar dapat menumbuhkan minat, inspirasi, motivasi dan percaya diri siswa. Ketiga, laboratorium IPA sebagai sumber belajar mampu memperkuat daya imajinasi siswa. Keempat, laboratorium IPA dapat digunakan sebagai wadah untuk memperbaiki pemahaman yang salah tentang konsep IPA dan siswa dapat memperoleh kejelasan konsep. Kelima, laboratorium IPA sebagai wadah untuk menumbuhkan nalar kritis siswa. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Fungsi Laboratorium, Sumber Belajar

    Abstraction

    This research to describe the function of science laboratorium as the source of learning process on science lesson in the fourth class in SD Al Irsyad Surabaya. This study using qualitative approach to find thedata collection. It was interview and observation. Data analisis of this research use miles and huberman type. The subjects of this study were grade IV students, amounting to 10 people, grade IV teachers, principals and laboratory personnel. The results of the analysis of this study indicate that the IPA laboratory in fourth grade IPA learning at Al Irsyad Elementary School Surabaya is first, the science laboratory as a source can strengthen students' understanding of the science concept. Second, the science laboratory as a learning resource can foster students' interest, inspiration, motivation and confidence. Third, the science laboratory as a learning resource can strengthen the imagination of students. Fourth, the science laboratory can be used as a forum to improve the wrong understanding of the concept of science and students can get clarity of concepts. Fifth, the science laboratory is a place to grow students' critical reasoning. Key word : science learning process, laboratorium function, learning source

Detail Jurnal