Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BUKU AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEMADURAAN UNTUK SISWA KELAS 3 SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG
    Penulis : MIFTAKHUN NI’MAH
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan buku ajar interaktif berbasis kemaduraan dilatarbelakangi oleh ketuntasan belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran matematika kelas 3 di SDN Labang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar interaktif berbasis kemaduraan dengan mengetahui validitas, keefektifan, kemenarikan, dan keterterapan buku ajar interaktif berbasis kemaduraan pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas 3 SDN Labang. Penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Buku ajar ini telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli kemaduraan. Terdapat 3 uji coba penelitian yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, angket, dan lembar tes. Validasi buku ajar memperoleh nilai sebesar 87, 21% dengan kategori sangat valid, dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan diperoleh dari aktivitas siswa (83,22%) dan hasil belajar siswa (ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%). Kemenarikan buku ajar memperoleh nilai sebesar 93,56% dengan kategori sangat menarik, dapat digunakan tanpa perbaikan. Keterterapan buku ajar memperoleh nilai sebesar 85,79% dengan kategori sangat valid, dapat digunakan tanpa perbaikan. Kata Kunci : Buku Ajar, Interaktif, Kemaduraan, Model Pengembangan 4D

    Abstraction

    ABSTRACT The development of the interactive textbook based on Madura region is based on the passing grade of the students test are still low on the mathematics subject on the 3rd grade students in SDN Labang. This study aims to develop textbook by knowing the validity, effectiveness, attractiveness, and application of the interactive Maduranese based test book on the Mathematics learning on the circumference and extensive of the square and rectangular student of the 3rd grade in SDN Labang. The study uses 4D models (define, design, develop, disseminate). This textbook has been validated by media expert, material experts, design learning expert, linguists expert, and Madura region expert. There are 3 research trial: individual trial, small group trial, and large group trial. The data collection instruments in this study used interview guides, observation sheets, questionnaires, and test sheets. Textbook validation scored 87,21% with very valid category, can be used without repair. Effectiveness is derived from student activities (83,22%) and student learning outcomes (Students classical completeness scores 100%). The attractiveness of textbooks earns a value of 93,56% with very interesting categories, can be used without repair. The use of textbook scores 85,79% with very valid categories, can be used without repair. Key Word : textbook, Interactive, Madura Regional, 4D Intructional Development Model.

Detail Jurnal