Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media “MOTE” (Miniature of the Earth) dalam Pembelajaran IPA Materi Struktur Lapisan Bumi Kelas V Sekolah Dasar.Penulis : Siti Nur AzizahDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya media pembelajaran IPA kelas V di sekolah dasar sehingga guru kesulitan menyampaikan materi. Media “MOTE” adalah upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan media “MOTE ditinjau dari validitas, kepraktisan, keefektifan, dan kemenarikan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (dalam Borg, 1983:774) yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Hasil pengembangan media “MOTE” sangat valid dengan persentase validasi ahli media 93%, ahli materi 71%, ahli bahasa 89%, ahli desain pembelajaran 85%; sangat praktis dengan persentase kepraktisan tahap satu 88%, tahap dua 83%, tahap tiga 85%; efektif karena persentase aktifitas siswa berada pada kategori “baik” sebesar 88% pada tahap satu, 82% pada tahap dua, 84% pada tahap tiga serta nilai gain berada pada kategori “tinggi” sebesar 0,82 pada tahap satu, 0,77 pada tahap dua, 0,8 pada tahap tiga; dan menarik dengan persentase kemenarikan tahap satu 98%, tahap dua 99%, tahap tiga 88%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media “MOTE” dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar layak digunakan.
AbstractionThis research is motivated by the lack of SAINS learning media in 5 th grade elementary school, so teachers feel difficult to deliver material. Media “MOTE” is an effort to solve this problem. The purpose of this research in to describe the feasibility of “MOTE” media development viewed from validity, practicality, effectiveness, and attractivenenss. This research adapted R&D cycle (in Borg, 1983:774) that modified to 9 steps. The result of “MOTE” media development is very valid with precentage 93% by media expert, 71% by linguist, 89% by material expert, 85% learning design expert; is very practice with precentage 88% in first stage, 83% in second stage, 85% in third stage; is effective because student activity precentage in “Good” Category with precentage 88% in first stage, 82% in second stage, 84% in third stage, and gain value in “high” category with 0,82 in first stage, 0,77 in second stage, 0,8 in third stage; and atrractive with precentage 98% in first stage, 99% in second stage, 88% in third stage. Based on this data, can be concluded that this “MOTE” media development is feasibility used in SAINS learning in 5 th grade of elementary school.