Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembalajran ARIAS Berbantuan Strategi Genius Learning pada materi sifat-sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kemantren 2 Sidoarjo.
    Penulis : Febri Wike Puspita Sari
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara model pembelajaran ARIAS berbantuan strategi genius learning pada materi sifat-sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kemantren 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN Kemantren 2 yang berjumlah 50 siswa, sedangkan untuk sampel dari penelitian ini adalah 44 siswa. Pengambilan sampel dihitung dengan menggunakan teknik solvin. Penelitian ini menggunakan 44 siswa sebagai sampel yaitu 22 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen, dan uji gain ternormalisasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dengan hasil t hitung = 7,181 > t tabel = 2,018, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan strategi genius learning pada materi sifat-sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Kemantren 2. Hasil observasi aktivitas siswa yang ditinjau dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan strategi genius learning diperoleh persentase sebesar 81.82% dengan kategori baik.

    Abstraction

    ABSTRACT This study determines to know of Influence of ARIAS Learning Model Helping Of Genius Learning Strategy On The Material Properties Of Lights To The Result Of Learning Students Class V In SDN Kemantren 2 Sidoarjo. This study used quantitative research. The design of this study is used by quasi experimental design with nonequivalent control group design form. The population of t his study is student class V of SDN Kemantren 2 which amount 50 students, while for the sample of this research is 44 students. The sample taken by solving technique accounted. This study used 44 students as sample of 22 students at experiment class and 22 at control class. The technique of collecting data of this study is used by result question test learning in form of pretest and posttest and observation. The data analysis used normality test, homogenates test, the t independent, and normalized gain test. The hypothesis test of this study used t-test by result of t account = 7,181 > t table = 2,018, so it can be concluded that there is influence of ARIAS learning model helping of genius learning strategy on the material properties of lights to the result of learning students class V in SDN Kemantren 2. Observation result of student activity which observed from student activity during learning process by using ARIAS learning model assisted genius learning strategy obtained by percentage equal to 81,82% with good category.

Detail Jurnal