Detail Karya Ilmiah

  • KONTRIBUSI KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI MANDARANREJO 1 PASURUAN
    Penulis : Khoirotun Nisa`
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiana, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi dan pengaruh kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SD Negeri Mandaranrejo 1 Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri Mandaranrejo 1 Pasuruan. Teknik sampel yang digunakan propotionate stratified Random sampling. Data analisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kompetensi pedagogik berkontribusi sebesar 6,1%, kompetensi kepribadian berkontribusi sebesar 16,8%, kompetensi profesional berkontribusi sebesar 8,2%, dan kompetensi sosial berkontribusi sebesar 9,1% terhadap motivasi belajar. 2) kompetensi pedagogik berkontribusi sebesar 3,6%, kompetensi kepribadian berkontribusi sebesar 6,7%, kompetensi profesional berkontribusi sebesar 7,5%, dan kompetensi sosial berkontribusi sebesar 2,4% terhadap hasil belajar. 3) Terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar dengan ???? 7,819 dan hasil belajar siswa dengan ???? ????????????????????? ????????????????????? 4,575. Adapun kontribusi kompetensi guru terhadap motivasi belajar sebesar 19,1% dan kontribusi kompetensi guru terhadap hasil belajar sebesar 10,5%. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

    Abstraction

    This study aims to describe the contribution and influence of teacher’s competences that is pedagogic, personality, professional, and social competences to the motivation and learning result of students in the State Elementary School Mandaranrejo 1 Pasuruan. This research is quantitative research with descriptive method. The populations in this study are the students of grade 4, 5, and 6 in the State Elementary School Mandaranrejo 1 Pasuruan . Sample technique uses propotionate stratified Random sampling. Data analysis uses multiple linear regression tests. The results of this study indicate that 1) pedagogic competence contributes 6.1%, personal competences contributes 16.8%, professional competence contributes 8.2%, and social competence contributes 9.1% to learning motivation. 2) Pedagogic competence contributes 3.6%, personality competence contributes 6.7%, professional competence contributes 7.5%, and social competence contributes 2.4% to the learning results. 3) There is a significant contribution between teacher’s competence towards the learning motivation simultaneously with F count 7,819 and students’ learning result with F count 4,575. The contribution of teacher’s competences to the learning motivation equals to 19,1% and teacher’s competence contribution to learning result equals to 10,5%. Keywords: Teacher Competences, Learning Motivation, Learning Result.

Detail Jurnal