Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Peta Persebaran Candi di Nusantara Tema 8 Subtema 2 Kelas IV di UPTD SDN Sambiyan 2Penulis : Renaldy FachroziDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah tanpa adanya media pembelajaran dan pemberian latihan-latihan akan membuat siswa monoton dan tidak mengerti apa tujuan dari yang mereka lakukan atau pelajari. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media yang layak, efektif, menarik, dan mudah diterapkan dalam pembelajaran di UPTD SDN Sambiyan 2 Kec. Konang. Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) Perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) Uji Coba Produk Awal 5) revisi Produk 6) Uji coba lapangan 7) Revisi produk 8) Uji lapangan 9) Revisi produk akhir 10) Desiminasi dan implementasi. Pada hasil uji coba produk awal Rata-rata hasil validasi yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan ahli desain sebesar 88,7% dengan kategori sangat valid. hasil uji lapangan yang diperoleh dari keefektifan ditinjau dari tes belajar siswa memperoleh hasil 85% dengan kategori sangat efektif, kemenarikan dari angket respon siswa 89,7% dengan kategori sangat menarik, keterterapan dari aktivitas belajar 84,8% dengan kriteria sangat mudah diterapkan. Pengembangan media peta persebaran candi kemudian disebarkan dengan dituliskan menjadi artikel dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Kata Kunci : Media Pembelajaran, model Borg and Gall
AbstractionABSTRACT Learning that is done by the lecture method without the media of learning and the provision of exercises will make students monotonous and do not understand the purpose of what they do or learn. Based on these problems, researchers aim to develop a media that is feasible, effective, interesting, and easy to implement in learning at the UPTD SDN Sambiyan 2 Kec. Konang. This development uses the Borg and Gall model which consists of 10 steps 1) Research and initial information collection 2) Planning 3) development of the initial product format 4) Initial Product Trial 5) Product revision 6) Field trials 7) Product revision 8) Test field 9) Revision of the final product 10) Desimination and implementation. On the results of the initial product trial The average validation results obtained from media experts, material experts, and design experts were 88.7% with very valid categories. The results of field tests obtained from effectiveness in terms of student learning tests obtained 85% results with very effective categories, attractiveness of student response questionnaires 89.7% with very interesting categories, applicability of 84.8% learning activities with criteria very easy to apply. The development of media maps for the distribution of temples was then distributed by writing them into articles and published in the form of journals. Keywords: Learning Media, Borg and Gall models