Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS BERBASIS ENSIKLOPEDIA MATERI PENINGGALAN SEJARAH HINDU BUDHA UNTUK KELAS V SDN LENGKONG 1 KABUPATEN MOJOKERTO
    Penulis : Firda Ivayana
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II : Mahmud S.IP, M.Si.
    Abstraksi

    Buku ajar merupakan bahan tertulis yang berbentuk buku dan digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari buku ajar IPS berbasis ensiklopedia pada siswa kelas V SDN Lengkong I Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dessiminate. Buku ajar ini telah divalidasi oleh beberapa para ahli yaitu, ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. Ada 3 uji coba dalam penelitian ini yaitu, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan persentase gabungan kevalidan buku ajar IPS berbasis ensiklopedia menurut para ahli diperoleh persentase sebesar 84,5% dikategorikan sangat valid. Kepraktisan buku ajar IPS berbasis ensiklopedia diukur melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh persentase sebesar 91,87% dikategorikan sangat praktis. Keefektifan buku ajar IPS berbasis ensiklopedia diukur melalui angket respon siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar yang diperoleh persentase sebesar 85,46% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan dari data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPS berbasis ensiklopedia pada kelas V SDN Lengkong I Mojokerto layak untuk digunakan. Kata kunci: Buku ajar, ensiklopedia, model pengembangan 4D

    Abstraction

    ABSTRACK Textbook was a written material which formed a book and used in learning by teacher and student. This research aimed to develop a valid, practical, and effective textbook. This research on four-dimension model had four steps, which are: define, design, development and disseminate. This textbook had been validated by few professionals, they were: professionals of language, materials, media, and learning design. There were 3 trial tested group, which were: individual, small and large group. Based on validation percentage of combination about beginning social studies textbook bases of encyclopedia which was according to the professionals was 84,5% wich category very valid. Practicability of beginning social studies textbook bases of encyclopedia was measured through worked learning was percentage 91,87% wich category very practical. Effectiveness social studies textbook bases of encyclopedia was gained by thorough student response results from individual, activity obvservation, and student learning result was percentage 85,46% wich category very effective. Based on this data result, we could take a conclusion that social studies textbook bases of encyclopedia for students grade V at SDN Lengkong I was very reasonable to be used. Keywords: textbook, encyclopedia, and 4D model

Detail Jurnal