Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn di SDN Jaddih III
    Penulis : Abdulah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan desain Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Jaddih III yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan uji signifikansi (uji t), dengan t sebesar 5,687 untuk motivasi belajar siswa dan t sebesar 5,982 untuk hasil belajar siswa. Dengan t tabel = t (?/2, n-2) = 2,145, dengan t hitung hitung lebih dari t sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen selama pembelajaran pertemuan pertama diperoleh prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 84,90% dengan kategori aktif. Kemudian pada pertemuan kedua diperoleh prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 88,54% dengan kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik ketika dilaksanakan pembelajaran dengan metode Classwide Peer Tutoring. tabel Kata Kunci: Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa.

    Abstraction

    This research is a quantitative experimental research using Quasi Experimental design. This research was conducted in the fourth grade of SDN Jaddih III which amounted to 31 students. This study aims to determine the effect of learning methods Classwide Peer Tutoring on motivation and student learning outcomes. Data collection techniques were conducted using tests and questionnaires. The result of the research shows that there is significant influence of Classwide Peer Tutoring learning method toward motivation and student learning outcomes based on significance test (t test), with t 5,687 for student learning motivation and t count 5,982 for student learning result. With t xxiii count = t (? / 2, n-2) = 2,145, with t count more than t table table so Ho is rejected and Ha accepted. Student learning activity in experiment class during first meeting of learning obtained by percentage of student learning activity equal to 84,90% with active category. Then at the second meeting obtained the percentage of student learning activities of 88.54% with the active category. So it can be concluded that students can follow the learning well when implemented learning by Classwide Peer Tutoring method. Keywords: Learning Methods Classwide Peer Tutoring, Student Motivation, Student Learning Results, Student Learning Activities.

Detail Jurnal