Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah pada siswa kelas II SDN Bakalanpule II Lamongan
    Penulis : Rizki Desi Widiastuti
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud S.IP.Msi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Bakalanpule II Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel yaitu 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa dikelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tahapan yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji t Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah berdasarkan hasil uji t Independen posttest t hitung = 9.461 dan t 2,024 dan taraf signifikan sebesar ? = 5 %. Sesuai dengan kaidah pengujian t tabel maka, 9.461 > 2,024 Ho ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik terhadap pemahamn konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Bakalanpule II Lamongan. hitung > t tabel

    Abstraction

    The aim of this research was to investigate the impact on Mathematics learning using realistic mathematics education in understanding of multiplication of whole number concept in second grade students in primary school of Bakalanpule II Lamongan. This research used quantitative research design. The research design that used in this research was quasi experimental design with nonequivalent control group design. The sample in this reasearch consisted of 40 students, 20 students in classroom experiment and 20 students in classroom control. Method of data collection in this research used test and observation. There were several stages used in this research namely validity test, reability test, level of difficulties test, normality test, homogeneity test, independent t-test. The research findings indicate that a significant difference in realistic mathematics educationin understanding of multiplication of whole number concept based on independent t-test of posttest t count = 9.461 and t = 2.024 and a significant level of ? = 5 %.In accordance with testing rules, t table count > t , then 9.461 >2.024 Ho is rejected. It means that there is a significant difference in realistic mathematics education in understanding of multiplication of whole number concept in second grade students in primary school of Bakalanpule II Lamongan. table

Detail Jurnal