Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA di SDN Kolpajung II Pamekasan
    Penulis : Iis Naini
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN Kolpajung II Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment jenis non-equivalent control group desaign. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 58 siswa. Teknik sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini, Y = 35,42 + 0,63 X. Uji regresi linier sederhana menunjukkan, apabila menggunakan model generatif diperkirakan hasil belajar siswa 75,86. Berdasarkan hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 6,970 > ttabel = 2,052, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA. Penelitian ini menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif memberikan pengaruh sebesar 65% terhadap hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama memperoleh rata-rata nilai sebesar 75 dan pertemuan kedua rata-rata nilai meningkat menjadi 82. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan kedua meningkat memperoleh persentase 96% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN Kolpajung II Pamekasan. Kata kunci : Model pembelajaran generatif, hasil belajar ?

    Abstraction

    The objectives of this study is to know the influence of generatif learning model toward study result of 3rd grade students of IPA couse in SDN Kolpajung II Pamekasan. this study uses quantitative method with quasi experiment and non-equivalent control group desaign. The populations in this study are about 58 students. The sample technique uses saturated sample technique. The techniqueof data colection uses the instrument of study result test and observationsheet. The result of this study shows that the similitary of simple regression linier Y= 35,42 + 0,63 X. The students learning result is aboat 75,86. Based on significance test result, it is gained thitung = 6,970 > ttabel = 2,052. Therefore, it can be concluded that there is a significance influence between generative learning model toward study of 3rd grade students of IPA couse. This study shows that learning by using generative model generative gives influences 65% toward students study result. The observation result of students activty in class experiment acquire the average grade 75 in the first meeting and the second meeting increase become 82. The observation result of teacheractivities acquire percentage 92% with the superfine category in the first meeting and the second meeting increase become percentage 96% with the superfine category. This study shows that the generative learning model gives the significant influence toward study result of 3rd grade students of IPA couse in SDN Kolpajung II Pamekasan. Keyword : Generative learning model, learning result.

Detail Jurnal