Detail Karya Ilmiah

  • KOMPARASI PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS 1, 2, DAN 3 YANG BERSEKOLAH TK DENGAN NON TK DI SDN BULUH 1 BANGKALAN MADURA
    Penulis : MOCH. SETIYO UTOMO
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan perkembangan sosial siswa yang lulusan TK dengan non TK. populasi penelitian berjumlah 48 siswa. penarikan sampel menggunakan teknik Solvin sehingga diperoleh 43 dengan menggunakan rumus Proporsional maka kelas 1 diambil 13 siswa, kelas 2 diambil 13 siswa, dan kelas 3 diambil 17 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel Independent, maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,53 dan ttabel (?/2, n-2) sebesar 2,06. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil perolehan tersebut maka hipotesis Ho ditolak karena thitung < ttabel, sehingga hipotesis Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Perkembangan Sosial Siswa Kelas 1, 2, Dan 3 Yang Bersekolah TK Dengan Non TK Di SDN Buluh 1 Bangkalan Madura. Perbedaan tersebut dilihat dari rata-rata presentasi kuesioner untuk siswa lulusan TK 52 % dan siswa non TK 48%. Kata kunci: Perkembangan Sosial, Siswa Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak (TK).

    Abstraction

    This research is a quantitative research with a type of non-experimental research. With the aim to find out whether there are differences in social development of students who are kindergarten graduates with non-kindergartens. The study population totaled 48 students. Sampling using Solvin technique so that 43 obtained using the Proportional formula then class 1 was taken by 13 students, grade 2 was taken by 13 students, and grade 3 was taken by 17 students. The results showed that after hypothesis testing using two independent samples t test, the tcount was 3.53 and ttable (? / 2, n-2 was 2.06. With tcount and ttable, tcount is greater than ttable. From the results of the acquisition, Ho hypothesis is rejected because tcount < ttable, so that Ha hypothesis is accepted. So it can be concluded that there are differences in the Social Development of Students in Class 1, 2, and 3 that attend kindergarten with non kindergarten in SDN Buluh 1 Bangkalan Madura. The difference is seen from the average questionnaire presentation for kindergarten graduates 52% and non-kindergarten students 48%. Keywords: Social Development, Elementary School Students, Kindergarten (TK).

Detail Jurnal