Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 Di UPTD SDN Nyormanis 02 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Mohammad Rofii
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M,Si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik., S.Pd., M,Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelejaran kurikulum 2013 revisi 2017 dan problematika yang dihadapi guru selama melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2017 di kelas I dan kelas IV UPTD SDN Nyormanis 02 Blega Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama penelitian ini adalah guru kelas I dan guru Kelas IV UPTD SDN Nyormanis 02 Blega Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perumusan RPP yang dilakukan oleh guru adalah mengambil langsung dari buku guru tanpa di kembangkan sesuai kebutuhan siswa. Aspek – aspek dalam RPP juga belum dikembangkan. Dalam pembelajaran tidak menggunkan media. Proses yang dilakukan melalui tahapan pra, inti, dan penutup pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan dengan karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2017. Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2017, antara lain adalah kesulitan beradaptasi dengan perubahan – perubahan kurikulum 2013 revisi 2017. Peran guru dalam mengatasi problematika cukup baik. Dalam pembelajran guru salalu berusaha mengunankan metode sesuai kebutuhan siswa dan peran sekolah menjadi faktor pendukung guru dalam pembelajaran kurikum 2013 revisi 2017. Kata kunci: Problematika, Peran Guru, Kurikulum 2013 Revisi 2017

    Abstraction

    This study aims to determine the learning process of curriculum 2013 revised 2017 and problems faced by teachers during the carrying out of learning curriculum 2013 revised 2017 class 1 and class 4 UPTD SDN Nyomanis 2 blega bangkalan. This research use qualitative research methods whit the type of case study. data collection techniques using observation techniques, interview and documentation. the main subject of this research is the teacher of class 1 and class 4 UPTD sdn nyomanis 2 blega bangkalan. the results showed that the process of the formulation of lesson plans done by teachers is taking directly from the book without developed according to the needs of the students. aspects in the lesson plan are also not yet developed. in learning not to use the media, the process is done through the stages of pre, core, and cover learning. learning that is done with the characteristics of the learning curriculum 2013 revised 2017. constraints faced by teachers in implementing the learning curriculum 2013 revised 2017, among others, is difficulty adapting to changes in curriculum changes 2013 revised 2017. the role of the teacher in addressing the problem well enough.in learning the teacher always tries to use the methods according to the needs of students and the role of schools into the factors supporting teachers in learning the curriculum 2013 revised 2017. keywords : problems, the role of the teacher, curriculum 2013 revised 2017

Detail Jurnal